25.3 C
New York
Friday, August 2, 2024

Sempat Vakum, Pergatsi Sumut Optimis Targetkan Dua Medali Emas

Medan, MISTAR.ID

Setelah sempat vakum, Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sumatera Utara (Sumut) akan kembali melakukan yang terbaik untuk mendapat medali emas di PON XXI/2024 yang akan digelar di Sumut.

Jhonson Roy Hutapea selaku Bidang Prestasi (Binpres) Pergatsi Sumut mengaku yakin para atlet binaan mereka setidaknya bisa meraih dua medali emas dari dua nomor triple campuran dan double campuran.

“Target kita ini berdasarkan Kejurnas 2022 lalu di Yogyakarta. Pengprov Pergatsi Sumut meraih peringkat 3 besar nasional dengan perolehan 1 emas di nomor double putri, 2 perak di nomor triple putri dan triple campuran,” kata Jonson di Kantor Posko Publikasi PON 2024, Medan, Kamis (22/6/23).

Baca juga: PDBI Sumut Targetkan 7 Medali Emas di PON 2024 Mendatang

Ia juga menyampaikan, saat ini jumlah atlet Pergatsi Sumut yang ikut Pelatda PON sebanyak 17 orang yang terdiri dari tiga pelatih teknik, satu pelatih fisik dan delapan orang prioritas, 2 super prioritas serta unggulan 7 unggulan.

Adapun kebutuhan total atlet pada PON 2024 dari Sumut sebanyak 26 orang, namun saat ini pihaknya masih mempelatdakan 17 orang dan dalam SK Juli 2023.

Dijelaskan, super prioritas adalah peralihan perolehan medali emas saat Kejurnas tahun 2022 dan prioritas adalah perolehan medali perak saat Kejurnas. Sedangkan unggulan adalah perolehan medali emas saat Kejurda.

Baca juga: Persaingan Ketat, PODSI Sumut Siap Meraih Emas di PON 2024

“Karena Pengprov Pergatsi Sumut telah melakukan penyeleksian secara ketat baik fisik, tes parameter dan keterampilan,”kata Jhonson.

Untuk melatih para atlet, kata Jhonson, pihaknya menyediakan dua tempat. Jadwal pagi hari di Kantor Balai Besar Jalan Jembatan Sumut dan jadwal sore di Lapangan Hocky Unimed.

“Kita menanamkan motivasi kepada para atlet dengan semboyan bersatu meraih emas PON 2024,”ungkapnya.

Senada disampaikan Pengawas Pendamping (Wasping) KONI Sumut, Hendrick Napitupulu. Ia sangat optimis para atlet Gateball Sumut mampu meraih dau medali emas. Untuk meraih itu tentunya para atlet harus lebih serius latihan.

Baca juga: Siapkan 13 Atlet, IODI Sumut Targetkan Juara Umum PON 2024  

“Kita sangat antusias target medali emas yang ingin dicapai di PON tersebut akan terwujud. Saya yakin akan merebut medali, baik itu emas, perak, atau perunggu,”tutupnya.

Sebagaimana diketahui, pada PON 2024 ini Pergatsi Sumut perdana ikut turnamen setelah di PON XX 2020 dicoret bersama 10 cabor lainnya. Pencoretan saat itu dilakukan panitia karena ketidaksiapan tuan rumah pada saat itu.(andreas/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles