12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Sempat Bikin Heboh Warga di Desa Bagan Asahan, Biawak Besar Diamankan Tim Damkar

Asahan, MISTAR.ID

Seekor biawak membuat geger warga di Desa Bagan Asahan, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Rabu (9/8/2023). Pasalnya, biawak berukuran besar itu bersembunyi di atas plafon salah satu rumah warga sehingga membuat pemiliknya ketakutan.

Alhasil, warga pun terpaksa menghubungi Petugas Damkar Satpol PP Pemkab Asahan untuk mengamankan hewan reptil itu.

Satu tim Damkar Asahan diturunkan untuk mengevakuasi biawak liar yang sembunyi di plafon rumah warga itu. Bahkan beberapa plafon harus dijebol untuk menangkap biawak tersebut.

Baca Juga: Biawak Nyasar Masuk Kantor buat Repot Petugas Damkar Asahan

Kasi Pemadam Satpol PP dan Damkar Asahan kepada wartawan, Arif Afdani, mengatakan timnya datang ke lokasi setelah menerima laporan dari warga di Desa Bagan Asahan, Kecamatan Tanjungbalai.

“Orang yang tinggal di rumah tersebut tidak berani mengambil biawak itu karena berukuran cukup besar,”ujar Arif.

Karena ukuran biawak yang cukup besar, plafon rumah warga itu sampai dijebol, namun biawak tidak juga bisa ditangkap. Proses evakuasi biawak pun harus berlangsung cukup lama.

“Sebab biawak lari dan bersembunyi di sudut-sudut sempit atap plafon, kami kesulitan jadi terpaksa menjebol asbes atau plafonnya,” ujar Arif.

Petugas Damkar pun terpaksa memasang jerat tali dan menunggu. Setelah kadal berukuran besar itu terperangkap kakinya secara perlahan ditarik turun.

Baca Juga: Populasi Hewan Langka Komodo Meningkat

“Biawak berhasil ditangkap dalam kondisi hidup setelah dijerat dan memakai alat sarung tangan khusus,” terang Arif.

Sementara itu, menurut pemilik rumah, biawak itu masuk dari dapur rumah warga yang halaman belakang rumah mereka memang terdapat banyak semak. Kemudian, diduga biawak itu memanjat ke lemari hingga berhasil naik ke atas asbes atau plafon.

Saat ini, jelas Arif, biawak tersebut masih dipelihara sementara di kantor Damkar Satpol PP Pemkab Asahan dan rencananya akan kembali dilepasliarkan ke habitatnya. (Perdana/hm22)

Related Articles

Latest Articles