11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini bahwa hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Sumatera Utara, Minggu (18/4/21).

Adapun wilayah yang berpotensi dilanda hujan dan angin tersebut diprediksi akan terjadi di Langkat, Karo, Humbahas, Tapsel, Padang Sidimpuan, Tapteng dan Taput.

“Kondisi itu dapat keluar ke Samosir, Toba, Pakpak Bharat, Deli Serdang, Madina, Paluta, Palas, Labura dan sekitarnya. Kondisi seperti itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19.35 WIB,” ujar Plt Kepala BMKG wilayah I Medan Eridawati.

Baca Juga:BMKG Deteksi Tujuh Titik Panas di Sumut

Untuk Sumatera Utara pada umumnya, kata dia, sore hingga malam hari potensi hujan ringan hingga sedang itu berpeluang terjadi di sebagian pesisir dan pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya.

“Suhu udara berada pada 24.0 – 33.0⁰ C dan kelembaban udara 60-98%. Sementara angin barat daya-timur laut berkekuatan 5 sampai 30Km/jam,” sebutnya. Untuk prakiraan gelombang laut berada dalam kategori sedang.

Perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, perairan Nias–Sibolga dan Samudera Hindia Barat Nias tingginya 1.25 meter-2,5 meter.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles