15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Sambut Kawasan Industri, Batu Bara Siapkan Tenaga Terampil

Batu Bara, MISTAR.ID

Menyambut pendirian kawasan industri di Kuala Tanjung Batu Bara, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Batu Bara menggelar sosialisasi sekaligus rekrut peserta pelatihan berbasis kompetensi, Rabu (4/3/2020) di Madrasah Aliyah Teladan Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus.

“Pelatihan berbasis kompetensi ini dilaksanakan agar pengangguran dan pencari kerja dilatih sesuai basis kompetensinya,” ujar Sekretaris Disnaker Batu Bara Muhammad Idham kepada wartawan.

Dijelaskan Idham, sosialisasi dan rekrutment peserta pelatihan berbasis kompetensi ini, sekaligus menyebarluaskan tentang pentingnya kompetensi profesionalisme bagi pencari kerja. Kompetensi keahlian itu sangat dituntut dalam persaingan pasar bebas.

“Peserta yang dilatih nanti adalah siswa yang telah selesai mengikuti ujian nasional. Sehingga putra putri Batu Bara mempunyai nilai tambah untuk meningkatkan keterampilan dalam mencari kerja maupun untuk mandiri sebagai wirausah,” jelasnya.

Pelatihan itu, kata dia, menggunakan sistem paket berjumlah 16 orang dan akan mengakomodir setiap jurusan pendidikan dari peserta.

Program peningkatan kompetensi bagi generasi muda Batu Bara itu sepenuhnya didukungan dunia pendidikan. Salah satunya, guru Madrasah Aliyah Teladan Ujung Kubu Mhd Safi’i.

“Program Bupati Batu Bara ini menunjukkan kepedulian Bupati Zahir terhadap generasi daerah ini. Peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat diapliksaikan dalam dunia kerja atau sebagai wirausaha mandiri,” kata Mhd Safi’i.

Data terakhir hasil sosialisasi itu berhasil merekrut62 orang sebagai calon peserta pelatihan. Kegiatan serupa akan dilakukan secara rutin di setiap kecamatan di Kabupaten Batu Bara.

Reporter: Ebson

Editor: Mahadi

Related Articles

Latest Articles