9.6 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Sambut Hari Juang Infanteri ke-75, Kodam I/BB Gelar Gerak Jalan

Toba, MISTAR.ID

Dalam rangka menyambut Hari Juang Infanteri ke-75 di Wilayah Kodam I/Bukit Barisan, Prajurit Korps Infanteri menggelar Gerak Jalan membawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya oleh Peleton Beranting, dimulai dari Lapangan Kantor Bupati Toba, Balige, Sabtu (16/12/23).

Acara diawali upacara yang dipimpin Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Refrizal. Pada kesempatan itu Brigjen TNI Refrizal membacakan amanat Pangdam I/Bukit, Mayjen TNI Mochammad Hasan.

Dalam amanat tersebut, Pangdam I/Bukit Barisan menyampaikan bahwa Peleton pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya ini adalah tradisi korp yang dilaksanakan setiap tahun menjelang peringatan hari infanteri.

“Bertujuan  untuk mewujudkan jiwa korsa dan rasa bangga terhadap Korps Infanteri, sehingga meningkatkan disiplin dan profesionalisme Korps Infanteri. Di samping itu juga untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan, semangat pantang menyerah serta terciptanya Kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya di wilayah Kodam I/Bukit Barisan,” sebutnya.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya, yaitu terwujudnya rasa kebanggaan terhadap tradisi Korps Infanteri bagi setiap prajurit infanteri, terukurnya tingkat kesegaran jasmani prajurit Infanteri, terciptanya militansi, jiwa korsa, patriotisme dan nilai-nilai perjuangan bangsa serta semangat pantang menyerah, terciptanya kemanunggalan TNI bersama rakyat beserta komponen bangsa lainnya sebagai sarana komunikasi sosial.

Baca juga: Kawal Pemilu 2024, Kodam I/BB dan Polda Sumut Cek Kesiapan Ratusan Ribu Personel

Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya akan berjalan kaki dengan menempuh jarak 200 Kilometer yang terbagi dalam 10 etafe. Dimana setiap estafet berjarak 20 Kilometer yang diikuti 10 peleton Infanteri serta 10 peleton pengantar satuan TNI maupun non TNI secara bergantian setiap etafe.

“Berkenaan dengan hal tersebut, saya harap kepada setiap prajurit yang terlibat dalam Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya agar mengerti dan menghayati apa yang terkandung di dalam semangat dan nilai kejuangan prajurit Infanteri secara jernih, sehingga dapat dijadikan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan dan tugas dimasa mendatang,” pesan Pangdam I/Bukit Barisan yang dibacakan oleh Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Refrizal.

Perjalanan Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya akan sampai di Medan pada tanggal 19 Desember, tepat di Hari Infanteri.

Pada upacara itu turut hadir Danrem Kawal Samudera, Danrem Pantai Timur, para Dandim,  Kapolres Toba, Setdakab Toba, dan sejumlah pimpinan OPD, Kapolsek, Danramil. Sementera para peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP, Anggota Pramuka dan Ormas.(Hotman/hm17).

Related Articles

Latest Articles