23.3 C
New York
Monday, July 8, 2024

RKPD Dairi Tahun 2023 Wujudkan Visi Misi Dairi Unggul

Sidikalang, MISTAR.ID

Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara merupakan perwujudan visi misi Pemkab Dairi sebagaimana tertuang dalam peraturan daerah (Perda ) nomor 1 tahun 2022 tentang perubahan atas Perda nomor 6 tahun 2019 tentang RPJMD Dairi tahun 2019-2024.

Momen penting menetapkan kebijakan dasar untuk pembangunan tahun 2023. Dan melakukan sinergitas, sinkronisasi, introspeksi, kolaborasi untuk menetapkan skala prioritas sejumlah usulan pembangunan yang telah dan akan disampaikan para stakeholders dengan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu pada pembukaan pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah (Musrenbang-RKPD) Dairi tahun 2023 di gedung Balai Budaya Sidikalang, Senin (28/3/22).

Baca Juga:Musrenbang RKPD Dairi  2022, Genjot Peningkatan Insfrastruktur Berwawasan Lingkungan

Ia menyampaikan, penyusunan RKPD 2023, momen penting menetapkan kebijakan dasar untuk pembangunan tahun 2023. Dan melakukan sinergitas, sinkronisasi, introspeksi, kolaborasi untuk menetapkan skala prioritas sejumlah usulan pembangunan yang telah dan akan disampaikan para stakeholders dengan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-1,” ujar Eddy.

Pokok pembangunan dan menjadi perhatian utama setiap tahun adalah masih rendahnya kualitas pendidikan, infrastruktur wilayah, tingginya angka kemiskinan, belum optimalnya pelayanan publik. Rendahnya kualitas kesehatan masyarakat serta kualitas lingkungan hidup, untuk itu kebijakan pembangunan Dairi yang menjadi tematik tahun 2023 adalah penguatan sektor unggulan ekonomi daerah, keterampilan berusaha dan perluasan kesempatan kerja.

Sasaran juga harus tepat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani, penurunan pengangguran daerah, peningkatan pengelolaan pariwisata, peningkatan pertumbuhan subsektor perdagangan dan perindustrian dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Baca Juga:Jalan Penghubung Kecamatan Tigalingga-Siempat Nempu Dairi Rusak Parah

“Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan saat ini. Namun juga mampu mengantisipasi permasalahan dimasa mendatang,” ujarnya.

Untuk itu dibutuhkan kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan pembangunan itu sendiri. Selanjutnya penyusunan RKPD tahun 2023, harus selaras dengan tema RKP tahun 2023 yaitu peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. (manru/hm12)

Related Articles

Latest Articles