5.7 C
New York
Saturday, December 9, 2023

Rektor USU Terpilih Menjadi Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Periode 2023-2025

Medan, MISTAR.ID

Rektor USU Dr Muryanto Amin diangkat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) wilayah barat periode 2023-2025. Hasil itu didapat setelah seluruh anggota menggelar rapat tahunan di Hotel Niagara Parapat sejak, Kamis (17/11/22) hingga Minggu (20/11/22).

Selain mengangkat Muryanto sebagai ketua, kesepakatan juga dihasilkan bahwa BKS-PTN Barat akan menguatkan kolaborasi agar PTN di Indonesia memiliki kekuatan yang merata.

“BKS-PTN Barat berkomitmen untuk membangun dan memperkuat kolaborasi antarperguruan tinggi sehingga tercipta inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk negeri,” ujarnya.

Baca juga: Dr Corry Surati LLDikti untuk Investigas Pemilihan Rektor USI, Prof Ibnu: Kita Menunggu Arahan Dikti

Kolaborasi juga akan membuat perguruan tinggi di wilayah Barat saling mengisi dalam kekurangan dan saling mendorong untuk kemajuan, sehingga perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS-PTN Barat memiliki kekuatan yang sama di segala bidang.

Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Periode 2021-2023 yang juga Rektor Universitas Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof Fatah Sulaiman berterima kasih kepada USU yang telah menjadi host dalam kegiatan yang digelar di tengah objek wisata Danau Toba tersebut.

Rapat tahunan ini dihadiri rektor-rektor dari 38 perguruan tinggi yang berasal dari wilayah barat. Rapat diawali dengan seminar bertema ‘Kebijakan Baru dalam Program Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri’.¬†Kemudian dilanjutkan dengan seminar ‘Penguatan Integritas Ekosistem Perguruan Tinggi’, serta seminar ‘Kebutuhan Profil SDM untuk Pertumbuhan Industri Digital di Perkebunan’.

Baca juga: Rektor USU Lepas 1.900 Mahasiswa Peserta KKNT 2022

Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi yakni memperbaiki sistem seleksi mandiri yang akan berkolaborasi dengan Konsorsium Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia, dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia.

Selain itu juga dideklarasikan dukungan implementasi penguatan integritas ekosistem perguruan tinggi negeri sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pelayanan akademik perguruan tinggi. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles