22.5 C
New York
Monday, May 20, 2024

Pos Polisi Ajibata Menjadi Kantor Polisi KSPN

Toba, MISTAR.ID

Pos Subsektor Ajibata yang sebelumnya merupakan kantor pembantu Polsek Lumban Julu dalam pelayanan kantibmas terhadap masyarakat  di Kecamatan Ajibata, akan di tambah fungsinya menjadi Kantor Polisi Pariwisata Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN).

Menjadi KSPN, seiring penetapan Danau Toba menjadi salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia bersama destinasi lainnya yakni, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Danau Toba yang memiliki luas lebih kurang 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, lebih mirip dengan lautan adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno, Didaulat jadi Putra Pakpak Bermarga Kudadiri

Dalam rangka mewujudkan Destinasi Wisata Super Prioritas itu, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra, menambah pungsi Subsektor Ajibata menjadi Kantor Polisi KSPN Danau Toba.

Hal itu disampikan Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, S.IK, melalui Aiptu Khairudin Sukri Yanto selaku Kasubbag Humas Polres Toba kepada Mistar Rabu (7/4/21).

Lebih lanjut, Kapolda Sumut sudah memerintahkan Polres Toba dan Polres Simalungun untuk membenahi kantor tersebut agar dapat berjalan sesuai fungsinya, dimulai sejak 29 Maret 2021 dan rencananya akan diresmikan oleh Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra pada tanggal 9 April 2021 mendatang.

Baca Juga: Kementerian Pariwisata Gelar Forum Diskusi di Danau Toba

KSPN Danau Toba berada di Desa Pardomuan Ajibata, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba untuk mewujudkan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas mendapat respon yang baik dari masyarakat pelaku wisata.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.IK mengatakan bahwa perintah Kapoldasu untuk membenahi KSPN telah dilaksanakan secara bersama-sama oleh Polres Simalungun, Polres Toba dan Pam Obvit Poldasu untuk memenuhi pasilitas sesuai yang di butuhkan sehingga personil polri yang bertugas di kantor tersebut dapat melayani masyarakat dengan baik, sehingga Danau Toba Sebagai Super Prioritas dapat segera terwujud sesuai fungsinya, tandas Aiptu Kairudin.(James/hm13)

 

Related Articles

Latest Articles