17.4 C
New York
Friday, August 30, 2024

Pompa Air Tenaga Surya di Kabupaten Samosir Diresmikan

Samosir, MISTAR.ID

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara, Mulyadi Simatupang bersama Bupati Samosir Vandiko Gultom meresmikan penggunaan pompa air tenaga Surya, di Desa Sinaga Uruk Pandiangan, Kecamatan Nainggolan, Jumat (30/8/24).

Peresmian penggunaan pompa air tenaga surya tersebut ditandai dengan penandatangan serah terima dari Disperindag ESDM Sumut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir.

Kepala Disperindag ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang mengatakan, pembangunan pompa air tenaga surya bertujuan untuk mendukung program terintegrasi peningkatan produktifitas pertanian di Kabupaten Samosir dengan pipanisasi sepanjang 1,6 Km yang akan mengairi persawahan sekitar 60-80 Ha.

Mulyadi menyebutkan, pembangunan pompa air tenaga surya di Desa Sinaga Uruk Pandiangan, Kecamatan Nainggolan merupakan pembangunan yang ketiga di Kabupaten Samosir sejak tahun 2022.

Ia meminta supaya bantuan pompa air tenaga surya dijaga dengan baik, karena akan meningkat kesejahteraan dan menambah nilai ekonomi masyarakat. “Tahun 2025 akan ada penambahan pembangunan pompa air tenaga surya di Kabupaten Samosir,” ungkapnya.

Baca Juga : Penganggaran dan Realisasi Anggaran Pemkab Samosir Dinilai Tidak Sesuai

Kepada masyarakat pengguna, Mulyadi mengimbau supaya para petani dapat menjalin koordinasi yang baik dengan pemerintah, ada rasa saling memiliki, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebersamaan dalam peningkatan produktifitas pertanian.

Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan bahwa pembangunan pompa air tenaga surya merupakan komitmen dalam pemenuhan kebutuhan petani yang dilakukan melalui pola sinergitas anggaran dengan pemerintah atasan.

“Inilah bentuk sinergitas. Permohonan dari Pemkab Samosir kepada Provinsi disetujui. Keterbatasan anggaran bukan berarti pembangunan berhenti,” ujar Vandiko.

Ia berharap masyarakat mengelola dan memanfaatkan pompa air tenaga surya dengan baik yang digunakan untuk peningkatan produktifitas pertanian. (josner/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles