15.3 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Polres Toba Siap Bersinergi dengan Pemkab Toba Tanggulangi Bencana Alam

Toba, MISTAR.ID

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb menyatakan, pada dasarnya, pihaknya siap bersinergi dengan Pemkab Toba dalam upaya penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah hukum Polres Toba.

Hal itu disampaikan Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pemkab Toba bersama Forkopimda terkait penanggulangan bencana alam tanah longsor dan banjir, yang baru-baru ini terjadi di beberapa wilayah kecamatan di Toba.

Rakor yang dibuka secara resmi Bupati Toba Poltak Sitorus turut dihadiri Wabup Tonny M Simanjuntak, Pj Sekda Augus Sitorus, OPD terkait dan Pejabat Balai Wilayah Sungai Sumut Sampe Hutapea.

Baca Juga:Sejumlah Desa di Toba Diterjang Banjir, 50 Rumah Terendam

Sementara, unsur Forkopimda dihadiri oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra.

Selain itu, juga hadir perwakilan BUMD, BUMN, Camat Porsea, Parmaksian dan Camat Lumbanjulu.

“Kita jangan membuang buang waktu dengan rapat saja, saat ini kita harus action melakukan penanganan yang komprehensif atas bencana yang terjadi. Personil kepolisian akan selalu siap bersinergi dengan stakeholder lainnya dalam hal itu, misalnya pengamanan lalu lintas dan mengevakuasi material akibat tanah yang longsor,” sebut Kapolres Toba.

Baca Juga:Bupati Toba Pimpin Tanggap Banjir di Lumbanjulu, 50 Hektar Sawah Rusak

Menurut Kapolres, selain upaya pelayanan penyediaan air bersih, dapur umum, tenda penampungan sementara, makanan dan obat-obatan serta toilet, dan fasilitas lainnya bagi warga yang terdampak bencana, upaya pencegahan bencana susulan juga sangat perlu dilakukan.

Personil Polda Sumut juga tengah dilibatkan membantu warga korban bencana, memindahkan material kayu, tanah dan batu yang terbawa aliran air ke jalan umum maupun ke pemukiman warga.

“Selain itu, jika diperlukan pekerjaan lainnya, kami akan selalu siap bersinergi dengan personil Satgas Penanggulangan Bencana yang lainnya,” terang Kapolres.

Terpisah, Kasi Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir mengatakan, saat ini, personil Dit Samapta dan personil Brimob Polda Sumut tengah berada di lokasi banjir.

Baca Juga:Antisipasi Banjir, Dinas PUTR Toba Normalisasi Sungai Mandosi

Mereka sudah berbaur dengan warga setempat mengevakuasi material tanah, kayu dan batu yang terseret banjir.

Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa wilayah di Toba di antaranya, di Kecamatan Lumban Julu, Parmaksian dan Kecamatan Porsea.

Di mana, puluhan rumah warga terendam air. Bahkan, terdapat rumah warga yang rusak parah. Selain itu, lahan persawahan pun diterjang banjir padahal tanaman padi di lahan tersebut sudah menjelang panen.(james/hm10)

Related Articles

Latest Articles