18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Polres Taput Temukan Tanaman Ganja, Pemiliknya Berhasil Diringkus

Taput, MISTAR.ID

Tim Gabungan Sat Narkoba dan Polsek Sipoholon, Polres Tapanuli Utara meringkus Daniel Leonard Lumbantobing ( 44 ) warga  Huta Tambang 1, Dusun Toruan, Desa Parbubu Pea,  Kecamatan Tarutung pada Senin (20/11/23).

Penangkapan dilakukan karena sengaja menanam ganja di ladangnya di Tambang 3, Dusun Toruan, Desa Parbubu Pea, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Taput.

Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi melalui kasat narkoba AKP. M. Agus Santoso mengatakan, tindakanya tersangka terungkap setelah ada informasi dari masyarakat sekitar kepada anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sipoholon yang bertugas di desa itu, pada Senin ( 20/11/23) sekitar pukul 07.00 WIB. Lalu informasi tersebut dilaporkan secara berjenjang hingga ke Kapolres Taput.

Baca juga: Ganja Dalam Pusaran Tanaman Obat

“Lalu Pak Kapolres dengan cepat mengambil langkah memerintahkan Kabag Ops Kompol K. Simanjuntak memimpin penangkapan ke TKP. Dengan melibatkan Sat Narkoba dan personel polsek ke TKP, akhirnya pemilik lahan dan sekaligus yang menanam ganja itu berhasil diringkus di rumahnya sekira pukul 7.30 WIB,” terangnya.

Dengan dukungan dan bantuan masyarakat sekitar, setelah tersangka berhasil ditangkap, lalu tersangka di ajak ke kebun miliknya.

Ia mengatakan, keberadaan tersangka diketahui dari warga sekitar. Setelah ditangkap tanpa perlawanan, tersangka menunjukkan semua tanaman ganja yang sengaja di tanam di ladangnya,  untuk diperjual belikan dan untuk dikonsumsi bersama teman-temanya di warung tuak.

Baca juga:Polisi Amankan Batang Ganja Mentah di Tanah Karo

Saat tersangka diperiksa, dirinya mengakui bahwa ganja tersebut ditanamnya sekitar bulan April 2023 dan sudah berumur 7 bulan.

“Dirinya pun mengakui bahwa biji tanaman ganja tersebut diperolehnya,  saat membeli daun ganja kering. Waktu itu bijinya terikut dan  itulah di kembang biakkan. Sebelum tersangka tertangkap dia pun mengakui sudah 5 kali memanen, namun masih sedikit-sedikit masih hanya sebatas untuk dikonsumsi bersama teman-temanya,” katanya.

Saat ini tersangka masih dalam tahap pemeriksaan intensive di ruang narkoba untuk pengembangan lebih lanjut. (fernando hutasoit/hm17)

Related Articles

Latest Articles