29.7 C
New York
Friday, July 5, 2024

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Ingatkan Pentingnya RKPD Bagi Rencana Pembangunan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani, menyampaikan pentingnya RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) dan sangat strategis bagi rencana pembangunan Kota Tebing Tinggi pada tahun 2025 dan seterusnya.

“Karena faktanya memang setiap perencanaan itu mutlak. Perencanaan yang baik menyelesaikan setengah dari permasalahan yang ada. Karena apa? Jangan sampai perencanaan kita bagus, tapi tidak menyentuh permasalahan-permasalahan yang ada,” ujarnya saat membuka Konsultasi Publik RKPD 2025, Rabu (10/1/24).

Syarmadani menyampaikan, 2 tahun terakhir kondisi perekonomian fiskal daerah cukup tertekan, ditambah dengan pandemi Covid-19. Tahun 2025 nanti adalah titik balik, karena beban anggaran untuk Pemilu, Pilkada, sudah berakhir.

“Jadi sudah bisa kembali mengalokasikan proyek-proyek strategi nasional. Inilah peluang kita, jadi saya berharap pada momentum sekarang ini menjadi kesempatan kita berpikir apa seharusnya yang bisa kita buat. Saya berharap ini menjadi fokus,” ucapnya.

Baca Juga : Tingkatkan Pembangunan, Pemko Tebingtinggi dan Pemkab Bayuwangi Teken MoU

Pada kesempatan itu, Syarmadani meminta pihak yang memiliki kaitan untuk berkolaborasi dan konsisten pada komitmen dalam membangun sinergitas, dan fokus pada program pembangunan yang saling mendukung.

“Masing-masing fokus membangun hubungan baik dengan instansi lain, kolaborasi dan konsisten pada komitmen awal tidak ngacak kerjanya, kalau misalnya tadi ingin ekonomi kreatif supaya ekonomi masyarakat maju, semua pihak yang punya kaitan lakukan dukungan,” tegasnya.

Menurut Syarmadani kegiatan ini memerlukan peran aktif dan masukan dari peserta yang hadir, menyesuaikan dengan keinginan masyarakat, karena sejatinya rakyatlah pemegang kedaulatan di republik ini.

“Kami pemerintah daerah memfasilitasi, melaksanakan tugas yang bapak ibu harapkan, bersama dengan DPRD, Forkopimda dan seluruh segenap komponen masyarakat yang ada,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles