14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pendidikan ‘Dihantui’ Kekerasan, LP2M-UIN SU Buat Pencegahan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LP2M-UIN SU) menggelar kegiatan “Pendampingan Pencegahan Kekerasan di Sekolah Madrasah” Senin – Selasa tanggal 11-12 Desember 2023 di Pancur Gading Hotel, Kecamatan Deli Tua, Deli Serdang.

Dalam acara itu, Ketua LP2M UIN SU Nispul Khoiri, membahas tingginya angka kekerasan pada anak di sekolah. Setiap jenjang pendidikan memunculkan angka kekerasan yang berbeda, menghantui dunia pendidikan dan semakin mengkhawatirkan.

“Berbagai kasus kekerasan di sekolah terus terjadi, seperti siswa merudung siswa lain, murid memukuli guru, guru menampar, menyeret, menginjak murid, orang tua menganiaya guru, dan kasus lainnya. Artinya kasus-kasus kekerasan tersebut semakin meningkat menunjukkan adanya masalah-masalah pada pihak-pihak yang terlibat dalam pendidikan sekolah,” ujarnya.

Baca juga: Kekerasan Seksual Menggurita, Perlindungan Anak Kian Rapuh

Menurutnya, tindak kekerasan adalah perilaku yang dilakukan secara fisik, psikis, seksual dalam jaringan (daring) atau melalui buku ajar yang mencerminkan tindakan agresif dan penyerangan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan dan mengakibatkan ketakutan, trauma, kerusakan barang, luka cedera/cacat dan atau kematian.

Nispul Khoiri menambahkan, UINSU melalui LP2M berkomitmen meluaskan dan memberikan penguatan pengabdian masyarakat terintegrasi dari Tridarma Perguruan Tinggi. Kegiatan pendampingan ini wujud komitmen UINSU dalam Pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. (Dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles