17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemprov Sumut Berencana Bangun 2 Stadion Bola Standar Internasional

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam waktu dekat berencana membangun dua stadion bola standarisasi internasional dan Liga 1 Nasional. Ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas olahraga di Sumut.

Demikian disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menyambut Karo United di rumah Dinas Gubernur di Jalan Sudirman, Kota Medan, Kamis (30/3/22). Saat ini, baru dinilai layak menggelar pertandingan sepakbola adalah Stadion Teladan.

“Sumut sedang membangun stadion. Stadion kita saat ini (dinilai layak), dibangun oleh pendulu-dulu kita pada tahun 1950 an, stadion Teladan,” kata gubernur.

Baca Juga:Habiskan Rp22 M, DPRD Siantar Soroti Pembangunan Stadion Sangnaualuh

Mantan Ketua Umum PSSI itu mengatakan, pembangunan stadion dimaksud akan dilakukan di areal Sport Center di Kecamatan Batang Kuis di Deli Serdang dengan kapasitas penonton 75 ribu orang. Stadion ini juga bakalan digunakan untuk PON Sumut-Aceh tahun 2024.

“Orang lain sudah buat (seperti) Jakarta. Kita baru mulai. Tapi tidak apa-apa. Ini jadi seperti stadion di Korea Selatan,” sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Pemkab Karo membangun stadion di Siosar Kabupaten Karo. Stadion ini akan menjadi home base bagi Karo United. “Kabupaten Karo sedang dibangun lapangan bola (stadion) yang berstandar Liga 1 di Siosar,” kata mantan Pangkostrad itu.

Edy sudah menginstruksikan Bupati Corry Sebayang untuk segara membangun stadion tersebut, sejak Januari 2022 lalu. Namun, belum juga dikerjakan hingga saat ini. “Saya mau dikerjakan Januari lalu. Saya bilang sama bupati kalian. Sudah dikasih duit saja lambat. Apalagi tidak dikasih duit, tak jadi-jadi lah nanti,” sebutnya.

Baca Juga:Legenda PSMS Sunardi A Sambut Baik Rencana Renovasi Stadion Teladan

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu mengungkapkan, untuk saat ini, hanya Karo United yang belum memilik home base. PSMS Medan di Stadion Teladan, Kota Medan dan PSDS Deli Serdang di Stadion Baharuddin Siregar di Kabupaten Deli Serdang. “Kalau Deli Serdang sudah punya. Tinggal perlu rehab-rehab setingkat digital nanti kita komunikasi dengan Bupati Deli Serdang,” katanya.

Edy juga mengaku bangga tiga klub bola asal Sumut bertarung di Liga 2 Nasional, yakni PSMS Medan, Karo United dan PSDS Deli Serdang. Seperti diketahui, Karo United sebagai juara 1 Liga 3 Nasional setelah berhasil menaklukkan Putra Delta Sidoarjo FC pada laga final yang berakhir adu finalti dengan skor 4-2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, 30 Maret 2022.

Sedangkan PSDS lolos ke semi final dan berhasil merebut satu tiket ke Liga 2 Nasional. Namun, di laga semi final harus melakoni laga derbi Sumut dan kandas ditekuk Karo United 0-2. Atas prestasi ini, Gubernur Sumut secara resmi mengundang Karo United. Bahkan dia sangat bangga akan prestasi itu.

Baca Juga:Bangun Stadion Sangnaualuh, PUPR Siantar Ajukan Proposal ke Kemenpora

“Saya ucapkan selamat kepada Karo United sebagai juara Liga 3 dan mengharumkan nama Sumut di tingkat nasional dan ini bukan akhir dari perjuangan. Namun menjadi awal Karo United untuk mengarungi Laga 2 Nasional nantinya bersama PSMS Medan dan PSDS Deli Serdang,” ucapnya.

Gubsu juga berpesan kepada manajemen Karo United untuk mempersiapkan tim dengan formasi baru untuk berlaga di Liga 2 Nasional. Ia mengatakan pelatih sudah saatnya melirik pemain-pemain terbaik untuk memperkuat tim asal Kabupaten Karo itu. Ia berencana akan memanggil manajemen PSMS Medan, PSDS Deli Serdang, Karo United untuk membahas bersama persiapan latihan hingga pertandingan di Liga 2 Nasional. (anita/hm12)

Related Articles

Negara-negara yang Mendukung Iran

Banjir di Oman Tewaskan 16 Orang

Jadwal Idul Fitri di Arab Saudi

Latest Articles