15 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Pemko Tebing Tinggi Bersama PTPN IV Gelar Pelatihan Ecoprint Bagi UMKM

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Dinas P3APM (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) dan Bappeda (Badan Perencana Pembangunan Daerah) Kota Tebing Tinggi. Bersama PTPN IV menggelar pelatihan ecoprint bagi UMKM, di ruang aula kantor DP3APM Jalan Gunung Dempo No. 17, pada Selasa (11/7/23).

Kegiatan pelatihan Ecoprint adalah merupakan industri batik ramah lingkungan yang digelar dengan tema ‘Membangun Semangat Kewirausahaan dan Substitusi Usaha Melalui Pelatihan Ecoprint dengan Bahan ramah Lingkungan Sebagai Langkah Baru Industri Kreatif’.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kota Tebing Tinggi ke 106 tahun. Sekaligus juga sebagai bentuk kepedulian PTPN IV dan kesiapan warga Kota Tebing Tinggi dalam menyambut masa depan.

Baca juga: Pj. Wali Kota Tebing Tinggi : Tanamkan Dalam Hati Akreditasi Gampang dan Menyenangkan

“Disini banyak ruang yang bisa kita kolaborasikan. Menunjukkan sebuah gambaran keseriusan kita dan semoga PTPN dapat terus melakukan hal ini. Dan kedepan tidak hanya sekedar berhenti di pelatihan ini saja,” kata Pj. Wali Kota.

Sejalan dengan pelatihan ini, Pj. Wali Kota mengatakan bahwa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dengan menyenangkan dan kegembiraan bisa menimbulkan kreativitas dan semangat dalam memasarkan, menjadi perputaran ekonomi dan tidak sebatas di rumah tangga.

“Dengan berbagai kreatifitas memenuhi semua pasar di semua segmen umur, termasuk generasi muda. Pelatihan ini baru langkah pertama tapi seberapa kuat nanti untuk bangkit, ketika jatuh dalam usaha. Supaya kita bekerja dengan semangat dan sukses. Mari kita buka pelatihan ini dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim,” tutup Pj. Wali Kota.

Baca juga: Dikabarkan 5 Tahanan Polsek Padang Hilir Resort Tebing Tinggi Kabur

Sebelumnya, Afni Ria Safitri selaku Kasubbag Program UMKM PTPN IV menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj. Wali Kota, seluruh Kepala OPD dan tamu undangan. Diungkapkannya, bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk memeriahkan HUT Kota Tebing Tinggi ke 106 tahun.

“Sebagai bentuk kepedulian PTPN IV untuk mendorong perkembangan UMKM dan perempuan, maka PTPN IV berkolaborasi dengan Dinas P3APM mengadakan kegiatan pelatihan membatik sistem Ecoprint,” jelasnya.

Pelatihan ini selain menambah wawasan, menurutnya juga sebagai upaya untuk melatih atau membangun usaha baru, dalam arti usaha lama tetap dijalankan.

Baca juga: Pj Wali Kota Tebing Tinggi Sumbangkan Darah di Baksos Dinas Damkar dan Penyelamatan

“Untuk menambah pengalaman, maka pelaku UMKM kita beri pelatihan baru, dengan tujuan menambah usaha baru, menambah wawasan dan memberi alternatif serta meningkatkan perekonomian keluarga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ecoprint merupakan industri batik ramah lingkungan. Dapat diartikan sebagai teknik mencetak pada kain dengan menggunakan pewarna alami seperti daun-daunan dan membuat motif dari daun secara manual yaitu dengan cara ditempel sampai timbul motif pada kain. (Nazli/hm21).

Related Articles

Latest Articles