27.6 C
New York
Wednesday, July 10, 2024

Pemko Sibolga dan Pemkab Tapteng Didorong Bersinergi Bangun Pariwisata

Sibolga, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) didorong untuk saling bersinergi membangun pariwisata dan lebih mengutamakan menjaga kenyamanan dan keamanan para wisatawan.

Hal itu disampaikan Ketua LPM Kecamatan Sarudik Tapteng, Poltak Tarihoran di kawasan wisata Pandaratan, Sarudik, Rabu (10/7/24). “Harus ada upaya konkrit untuk menjaga kenyamanan dan keamanan. Ini mencakup fasilitas, keamanan, kelayakan transportasi, dan standarisasi harga,” ujarnya.

Poltak menilai, upaya nyata pemerintah dan pihak terkait yang ada di daerah ini masih minim. “Selama ini tidak ada pengawasan terhadap para pengusaha kapal wisatawan. Tidak dilakukan pengecekan kelayakan kapal boat saat beroperasi, setelah ada kejadian wisatawan tewas, baru semua sibuk,” ucapnya.

Baca Juga : Menikmati Mandi Pagi di Laut Sibolga

Mantan Dosen STIE ini menekankan, pentingnya pelatihan dan bimbingan dari pemerintah daerah kepada masyarakat, serta para pelaku usaha di bidang wisata. Poltak menyebut hal ini diperlukan untuk membentuk SDM yang handal.

“Kita harus belajar dari daerah lain, supaya pandangan para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini positif. Artinya, pengunjung tidak merasa kapok,” ucapnya.

Dia juga meyakini jika pemerintah daerah bersama pihak terkait dapat berkolaborasi, kualitas dan keamanan destinasi wisata bahari di Sibolga Tapteng akan terwujud. Ke depan, sektor wisata di kedua daerah akan meningkat. (rumahole/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles