19.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pemkab Toba Bakal Adakan Workshop UMKM di Desa Wisata

Toba, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba bersama Bank Tabungan Negara (BTN) Balige bakal mengadakan workshop UMKM di kawasan Desa Wisata.

Hal itu terungkap saat Bupati Toba, Poltak Sitorus menerima audiensi Kepala Cabang BTN Balige, Herbet Sianipar dan Marketing BTN, Pebri Silalahi di Ruang kerja Bupati Toba, Balige, Rabu (30/8/23).

Dalam Audiensi, Poltak Sitorus mengajak pihak BTN dapat bekerjasama dengan Pemkab Toba dalam hal pemberdayaan kaum bapak supaya lebih aktif berusaha.

Baca juga : Timbulkan Polusi Udara, Galian C Ilegal di Toba Diprotes Warga

Menurut Poltak Sitorus, pemberdayaan kaum bapak ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pemerintah daerah dan bagi pihak perbankan termasuk BTN.

“Jangan dibiarkan pihak istri atau kaum perempuan saja yang mendapatkan pendampingan berusaha termasuk workshop dari bank. Melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dilakukan pendampingan kredit yang disalurkan agar seperti yang kita maksud yaitu tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang BTN Balige, Herbet Sianipar memberitahukan akan mengadakan workshop bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Desa Wisata, Desa Lumban bulbul, Balige.

Baca juga : Fasilitas Canggih Diturunkan Pantau Keamanan Danau Toba, Dukung Kemajuan Wisata

“Selain itu ada juga dukungan untuk kegiatan Toba Marathon 2023 pada 24 September 2023 nanti,” jelasnya.

Sebelumnya, Herbet Sianipar yang memimpin BTN di 4 wilayah Kabupaten sekitar Danau Toba ini memaparkan program mereka pasca kesepakatan bersama dengan Pemkab Toba tentang pelaksanaan program pendampingan Desa Wisata. (hotman/hm18)

Related Articles

Latest Articles