10.5 C
New York
Sunday, March 3, 2024

ASN Harus Memiliki Value atau Nilai

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Labuhanbatu, Sarimpunan Ritonga membuka kegiatan sosialisasi pengembangan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui peningkatan kualifikasi jalur pendidikan formal perguruan tinggi, yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat di Aula Hotel Permata Land, pada Selasa (5/12/23).

Sarimpunan mengatakan, sebagai seorang ASN harus memiliki value atau nilai, dimanapun ditempatkan, begitu juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya. Ia berpesan kepada para peserta sosialisasi untuk tidak mengejar harga diri, lebih baik kualitas diri yang akan menambah value seseorang.

“Harga diri bisa ditawar, tapi nilai tidak. Saya yakin dan percaya, orang yang hadir di ruangan ini memiliki nilai tinggi,” ucapnya.

Baca juga:BKPSDM Asahan Sosialisasi LHKASN, Cegah Praktik Korupsi di Lingkungan ASN

Mengakhiri sambutannya, Sarimpunan mengatakan, ini adalah momen yang sangat tepat, dimana sosialisasi itu akan diberikan paparan-paparan oleh narasumber. “Fokus pada tujuan, memiliki nilai yang berharga,” tutupnya.

Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan, Janry Haposan sebagai narasumber menuturkan, kegiatan ini penting untuk meningkatkan profesionalitas ASN. Disampaikan, ASN perlu tahu jalur yang diambil.

“Dimana kita sekarang, kemana akan pergi dan bagaimana kesana. Kalau kita tidak tahu mau kemana, kendaraan apapun percuma. Jalur pendidikan ini jelas tujuannya kemana,” ungkapnya.

Terkait profesionalitas, Janry menuturkan, harus disesuaikan pekerjaannya. Menurutnya, sebuah jabatan tidak boleh overskilled atau under skilled. Karena itu, esensi peningkatan jalur harus sesuai dengan pekerjaannya.

Baca juga:FGD Pemberantasan Tipikor, Dorong ASN Pemkab Labusel Berperan Aktif Cegah Korupsi 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Status Kepegawaian Kantor Regional VI BKN, Ujang Iskandar. Pemaparan mengenai kerja sama dalam hal pendidikan antara Pemkab Labuhanbatu dengan Universitas Prima Indonesia oleh Koordinator Marketing UNPRI Wilayah Sumut, Wirda Rezeki dan sesi tanya jawab.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Fadly Rangkuti, Sekretaris BKPP, Ali Armaya, beberapa Camat dan Lurah, perwakilan OPD serta undangan lainnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles