27.8 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Misdawani Siregar Berangkat Haji Setelah Menabung Selama 11 Tahun

Deli Serdang, MISTAR.ID

Masdawani Siregar (71) tak kuasa menahan haru karena tahun ini dirinya akan berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Perjuangan janda dan ibu dari 5 ini cukup panjang, karena harus menabung dan menunggu selama 11 tahun agar bisa menunaikan rukun Islam kelima. Saat mendaftar haji, dia masih berusia 60 tahun.

Meski demikian, wanita yang sudah dikaruniai 8 cucu ini memiliki tekad kuat untuk berangkat haji. Sehari-hari, Masdawani hanya membuka usaha kecil berjualan sayur dan kebutuhan pokok di rumahnya.

Usaha kecilnya itu pun dibokol maling, sehingga Masdawani mengalami kerugian sejumlah beras digoni dan barang lainnya.

Baca juga: Depresi Ditinggal Mati Suami, Wanita Lansia di Deli Serdang Mengepul Bola Tanah Selama 10 Tahun

Masdawani mengaku sempat shock dan trauma usai peristiwa itu. Namun akhirnya dirinya pasrah dan menyerahkan sepenuhnya kepada Allah, sehingga ia pun mengikhlaskannya.

Atas bantuan dan dukungan dari anak-anaknya, Masdawani kembali membuka kedainya. Ia pun bisa kembali menabung haji.

“Alhamdulillah, akhirnya setelah menghadapai berbagai ujian akhirnya saya bisa berangkat haji. Semua ini atas ridho Allah,” kata Misdawani kepada mistar usai tepung tawar calon jemaah haji asal Deli Serdang oleh Pj Bupati Wiriya Alrahman di Convention Hall, Jalan Medan-Lubuk Pakam, Rabu (15/5/24).

Menurut wanita yang sudah ditinggal mati suaminya 5 tahun lalu, kala dia mendaftar pada tahun 2011, ongkos haji masih sekitar Rp32 juta. Meski saat itu nilai itu sudah cukup mahal, tapi ia tetap terus menabung.

Sedangkan ongkos biaya haji dan biaya lainnya tahun ini hampir mencapai Rp90 juta.

Baca juga: Ratusan Peserta Ikuti Gebyar Sekolah Sehat Dinkes Deli Serdang

“Memang, saat saya mendaftar haji masih sekira Rp 32 juta, sekarang sudah hampir Rp 90 juta. Tapi alhamdulillah saya bisa melunasi dan saya tergabung dalam kloter 14,” paparnya, seraya menyeka air mata tanda haru.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah calon jemaah haji asal Deli Serdang sebanyak 676 orang,petugas 16 orang. Sedangkan kloter terdiri kloter 12 yang akan berangkat dari Bandara Kualanamu pada 25 Mei dan kloter 14 berangkat tanggal 28 Mei.

Dari 676 calon jemaah haji tersebut,jemaah perempuan sebanyak 431 orang,laki-laki 261 orang. (rinaldi/hm22)

Foto.Masdawani Siregar usai ditempung tawar sebagai calon jemaah haji,Rabu (15/5/24). (rinaldi/hm22)

Related Articles

Latest Articles