18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Pemkab Deli Serdang Terima Penghargaan Maturitas Level 3 SPIP Tahun 2022

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pemkab Deli Serdang menerima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia yang diserahkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Kwinthamaka kepada Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan di Kantor Bupati daerah itu, Lubuk Pakam, Kamis (9/7/22).

Penghargaan tersebut berupa Sertifikat Kapabilitas Level 3 Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Kabupaten Deli Serdang merupakan yang pertama mendapatkan penghargaan tersebut di Sumatera Utara tahun 2022.

Pada kesempatan itu, Ashari Tambunan mengapresiasi penghargaan yang diterima Pemkab Deli Serdang tersebut.

Baca juga:TPL Terima Penghargaan Bidang Keselamatan Kerja dari Gubernur Sumut

Ashari berharap, penghargaan itu bisa memotivasi semua jajaran Pemkab Deli Serdang untuk bisa lebih baik ke depannya.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh BPKP RI melalui BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Kami juga berterima kasih atas bimbingan, arahan, pendampingan yang diberikan BPKP. Apa yang disampaikan oleh BPKP Perwakilan Sumatera Utara tidak hanya untuk menjauhkan dari permasalahan hukum, tapi juga untuk kelancaran kegiatan-kegiatan pemerintah bisa tercapai,” kata Bupati Ashari Tambunan.

Sebelumnya, Ketua BPKP Wilayah Sumut, Kwinthamaka menyampaikan, penghargaan tersebut berkat komitmen Pemkab Deli Serdang dalam mewujudkan pemerintahan bersih, akuntabel dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“SPIP ini merupakan salah satu hal yang mendasari tentang bagaimana tatakelola pemerintahan. Terkhusus tatakelola keuangannya agar lebih baik, akuntabel dan tentu ujungnya adalah pemerintah ini melaksanakan pelayanan dengan bersih dan baik kepada masyarakat,” paparnya.

Kwinthamaka kembali menjelaskan, ada tiga parameter yang digunakan dalam penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP yaitu Manajemen Risiko Indeks (MRI), Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Baca juga:Pemkab Deli Serdang Kembali Terima Penghargaan WTP dari Kemenkeu

“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi dorongan dan semangat di jajaran Pemkab Deli Serdang. Harapan kami tidak sebatas penghargaan yang didapat pada hari ini, tetapi tetap terus dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan,” harapnya seraya meminta seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) agar ditingkatkan komitmen dan kematangannya yang sudah diperoleh agar Bupati dan Wakil Bupati yakin atas kinerjanya.

Turut hadir pada penyerahan penghargaan tersebut Koordinator Pengawasan I APD, Rohmad Basuki bersama anggota BPKP lainnya, Inspektur H Edwin Nasution, Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset (BPKA) Deli Serdang, Baginda Thomas Harahap dan Kepala Dinas KominfoStan Dr Hj Miska Gewasari (rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles