23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemkab Asahan Dukung Bimtek Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMMK)

Kisaran, MISTAR.ID

Pemkab Asahan mendukung digelarnya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMMK) Kabupaten Asahan TA 2022.

Dukungan itu disampaikan Bupati Asahan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muhili Lubis pada saat membuka kegiatan itu di Aula Dinas PUTR Kabupaten Asahan, Selasa (15/11/22).

“Dalam pelaksanaan konstruksi, dibutuhkan petugas keselamatan konstruksi, yaitu orang yang memiliki kompetensi khusus di bidang keselamatan konstruksi dalam melaksanakan dan mengawasi penerapannya yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi kerja konstruksi, sesuai dengan Permen PUPR No 10 Rahun 2021 tentang pedoman SMMK,” ujar Muhili.

Baca juga:Job Fair Virtual Berbasis Aplikasi di Asahan Diikuti Ratusan Pelamar

Muhili berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang diterima dapat bermanfaat di kemudian hari.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Asahan Agus Jaka Putra Ginting pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Bimtek ini Dinas PUPTR Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) I Banda Aceh.

Dalam laporannya disampaikan bahwa,  kegiatan ini berlangsung selama lima hari  diikuti 30 peserta terdiri dari 2 instansi yakni penyedia jasa dan pengguna jasa (ASN) yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Kesehatan, Inspektorat, dan UKPBJ Kabupaten Asahan.

Baca juga:Inspektorat Jenderal TNI AD Monitor Pelaksanaan TMMD di Asahan

Sementara itu, Irma Suryani Lubis, Perwakilan BJKW I Banda Aceh menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah implementasi kebijakan percepatan tenaga kerja konstruksi tahun 2019 dengan amanat UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Penerapan Sertifikat Kompetensi kerja dalam pelaksanaan pengadaan jasa konstruksi tahun 2019. (hamdan/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles