16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Pelebaran Saluran Pembuang Milik BWS Sumatera II di Deli Serdang Tuai Masalah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pembangunan pelebaran parit ataupun saluran pembuang di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang menuai masalah.

Pasalnya, pembangunan parit oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II tersebut mengakibatkan jalan kabupaten didaerah itu teracam putus putus. Apalagi tembok penahan jalan tersebut sudah banyak yang hancur.

“Katanya parit itu milik BWS Sumatera II. Tapi siapa rekanan pembangunan pendalaman parit ini kita nggak tahu. Soalnya, plank proyek juga gak ada. Padahal pembangunan parit ini panjangnya sekitar 1 kilometer lebih dengan lebar sekitar 3 meter. Karenanya, kita menyesalkan pembangunan parit yang cukup besar ini yang menyebabkan jalan rusak dan tembok penahan yang merupakan aset Deli Serdang,” kata Tokoh pemuda Kecamatan Beringin, Rudi Chandra kepada mistar.id, Kamis (11/5/23).

Baca juga : Warga Diduga Diprovokasi Rampas Lahan HGU PTPN 2 di Tunggurono Deli Serdang

Selain itu, tambah Rudi, rekanan proyek ‘siluman’ tersebut harus mendapat saksi keras dari pihak BWS Sumatera II karena pengerjaannya sudah merugikan masyarakat dan Pemkab Deli Serdang.

Operator alat berat pelabaran parit, bermarga Aritonang yang ditemui di lokasi mengaku kalau hanya sebagai pekerja dari PT BRP.

“Aku hanya pekerja bang. Mengenai jalan yang rusak maupun tembok penahan yang longsor tanyakan saja ke BWS atau PT BRP,” ujar Aritonang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas SDA Bina Marga dan Bina Kontruksi Deli Serdang, Janso Sipahutar juga meminta pihak BWS Sumatera II agar memperbaiki kerusakan akibat pembangunan saluran pembuang tersebut.

“Kita sudah sampaikan kepada BWS Sumatera II agar kerusakan itu segera diperbaiki,” jelas Janso. (rinaldi/hm18)

Related Articles

Latest Articles