17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pelayanan Penyeberangan Danau Rute Balige-Onan Runggu Ditambah

Toba, MISTAR.ID

Sejak kemarin, pelayanan penyeberangan danau rute Pelabuhan Mulia Raja Balige Kabupaten Toba-Onan Runggu, Kabupaten Samosir, ditambah menjadi tiga trip, dari sebelumnya hanya dua trip.

“Benar, jadwal pelayanan penyeberangan di masa liburan Idul Fitri tahun ini diberlakukan sejak 29 April hingga 8 Mei hanya dua trip. Tapi lonjakan penumpang sejak kemarin, telah kita berlakukan menjadi tiga trip,” ujar Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah II Sumut Marudut Lumbantobing, Senin (2/5/22).

Saat ini, pelayanan penyeberangan menggunakan KMP Kaldera Toba yang berkapasitas 18 unit kendaraan roda 4, ditambah 10 unit roda 2, dengan tarif ongkos sebesar Rp174.500 per unit roda 4.

Baca Juga:Kemenhub Darat Luncurkan Bus Air KMP Asa Asa ke Perairan Danau Toba

Pada pelayanan penyeberangan libur Idul Fitri 1443 H ini, prokes Covid-19 tetap intens dilakukan. Penumpang diwajibkan telah divaksin dosis 1 hingga dosis 3 (booster). Bagi penumpang yang belum divaksin dosis 3, di sini juga tersedia pelayanan vaksin oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Toba.

Selain itu, setiap penumpang tetap diberikan edukasi prokes selama berada di pelabuhan hingga selama dalam perjalanan. Pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, terdiri dari tim medis Pemkab Toba, TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Kami mengimbau kepada setiap penumpang untuk selalu waspada dengan barang-barangnya, dan apabila terjadi kehilangan, segeralah melaporkannya kepada petugas syahbandar setempat, guna upaya inventarisasi dan pencarian,” imbuh Marudut. (james/hm14)

Related Articles

Latest Articles