12.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

PDBI Sumut Targetkan 7 Medali Emas di PON 2024 Mendatang

Medan, MISTAR.ID

Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan 7 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Wakil Ketua I Pengprov PDBI Sumut Apri Sugiarto didampingi Sekretaris Pengprov PDBI Sumut di Posko Publikasi PON 2024, Medan mengatakan, pihaknya akan melakukan persiapan semaksimal mungkin, salah satunya dengan latihan di Siosar, Karo.

Ia mengatakan, lokasi latihan mempunyai ketinggian 1.750 MDPL dan dataran tinggi seperti itu sangat baik untuk meningkatkan fisik atlet.

“Bahkan lebih baik dan lebih tinggi dari daerah Pengalengan di Jabar,” kata Apri, Rabu (21/6/23)

Baca juga: Persaingan Ketat, PODSI Sumut Siap Meraih Emas di PON 2024

Menurutnya, saat ini PDBDI Sumut mempersiapkan 22 atlet mengikuti Pelatda. Mereka dikumpulkan dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut. Para atlet yang memiliki kemampuan merata itu akan dipanggil mulai Jumat sampai Minggu. Mereka akan latihan gabungan di kawasan Astaka.

“Peningkatan kemampuan fisik sangat penting karena 15 dari 17 nomor yang dipertandingkan membutuhkan kemampuan fisik yang prima. Sebab itu setiap Jumat hingga Minggu atlet latihan bersama di Medan, pada hari lainnya berlatih di daerah masing-masing,”kata Apri.

Apri juga mengatakan tetap mengikuti babak kualifikasi dalam memantau kemampuan lawan. Ia memperkirakan sejumlah provinsi akan menjadi rival Sumut dalam mewujudkan target, diantaranya DIY, Jatim dan Jabar.

Baca juga: Menunggu Gema PON XXI Di Sumatera Utara

“Meski sebagai tuan rumah mendapat wildcard lolos PON, PDBI Sumut tetap akan mengikuti sejumlah kejuaraan yang menjadi babak kualifikasi PON, baik di Jabar dan Yogyakarta,” tutupnya.

Diketahui Atlet Pelatda drumband Sumut akan ditangani enam orang pelatih. Para atlet merupakan hasil seleksi dari Porprovsu dimana terjaring 100, sehingga SDM atlet dari PDBI Sumut memiliki tiga lapis.

Dari 17 nomor yang dipertandingkan, PDBI Sumut menargetkan untuk meraih 7 medali emas di PON 2024. Target medali dibidik dari nomor LBJP (5 emas plus 1 perak), LKKB (2 emas 2 perak), dan LBB dan Unjuk Gelar masing-masing ditargetkan perunggu.

Target 7 emas jauh lebih besar daripada raihan emas PON Jabar, dimana drumband Sumut saat itu mempersembahkan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. (andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles