14.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

Ops Ketupat Toba 2022 di Batu Bara, Pastikan Pusat Keramaian dengan PeduliLindungi

Batu Bara, MISTAR.ID

Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2022 dalam rangka mengecek kesiapan operasi kepolisian terpusat tahun 2022 bertempat di halaman Mako Polres Batu, Jumat (22/4/22).

Dalam amanatnya Wakil Bupati Batu Bara Oky lQbal, SE selaku pimpinan apel menjelaskan bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2022 ini untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pada perayaan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H. Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, untuk tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melaksanakan Mudik Lebaran,” ujar wakil bupati.

Wambung wakil bupati, walaupun saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun kondisinya sudah terkendali, bukan berarti kita jadi lengah atau lalai menjalankan Prokes tapi sebaliknya tetap harus kita perketat pengawasannya.

“Polri didukung dari TNI, pemerintah daerah, pemangku kepentingan lainya terus bersinergi dalam mensukseskan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2022, selain itu Polri bersama petugas gabungan akan melaksanakan kegiatn rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi dengan sasaran kelancaran distribusi sembako, gangguan kamtibmas meliputi penyakit masyarakat, 3C, Miras, Judi, Prostitusi, narkoba, petasan dan terorisme,” paparnya.

Baca Juga: Pemkab Batu Bara Gelar Rapat Virtual, Kembangkan Inovasi Produksi Olahan Cabai  

Pelaksanaan pengamanan Idul Fitri sambung dia, tentunya tidak lepas dari kebijakan pemerintah melalui Imendagri Nomor 22 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

Adapun langkah-langkah yang harus dilaksanakan meliputi, melakukan imbauan dan pengawasan disiplin Prokes, mendorong pengelola tempat wisata dan perbelanjaan untuk memastikan aplikasi PeduliLindungi.

Juga penjagaan dan pengamanan ibadah sholat Idul Fitri di Masjid dan lapangan, mengawasi mobilitas Transportasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas agar meminimalisir kemacetan dan konsentrasi arus mudik dan arus balik. Serta melakukan swab tes acak serta memastikan bahwa pelaku perjalanan sudah mendapatkan Vaksin Boster.

Baca Juga: 5 Pejabat Utama Polres Batu Bara Diganti

Ditegaskan Wabup, maksud digelarnya Operasi Ketupat ini untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan kelancaran bagi seluruh masyarakat dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Tentunya ini ada upaya upaya yang dilakukan tentu melihat potensi potensi kerawanan, potensi potensi keamanan. Keamanan misalnya termasuk kelancaran lalu lintas juga keamanan kemanan kejahatan konvensional itu perlu diantisipasi,” pungkas Wabup Oky lqbal Frima.

Apel Gelar Pasukan ini di hadiri oleh Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes, SIK,  Dandim 2022 Dala Hal ini diwakili Oleh Danramil Lima Puluh KAPTEN Inf N Panjaitan. Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2022 mengambil tema “Apel Gelar passukan Operasi Ketupat Semeru 2022 wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait, untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah hukum Polres Batu Bara.(ebson/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles