14.5 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Muhammadiyah Bangun RS Darurat di Gaza, Persyarikatan Asahan Berhasil Kumpulkan Rp 53 Juta

Asahan, MISTAR.ID

Pimpinan Pusat Muhammadiyah merespon cepat bencana kemanusiaan peperangan di Palestina dan segera membangun Rumah Sakit (RS) darurat, hingga mengirim relawan tenaga medis berpengalaman di Gaza.

Menanggapi ini, persyarikatan Muhammadiyah di Asahan, Sumatera Utara (Sumut) turut mengambil langkah dengan mengumpulkan infaq lewat kegiatan Tabligh Akbar sekaligus ta’aruf pengurus daerah, Minggu (15/10/23). Setidaknya, Rp 53 juta sumbangan berhasil dikumpulkan.

“Muhammadiyah siap membangun rumah sakit di Gaza. Jawabannya kalau setiap PDM (pimpinan daerah Muhammadiyah) sumbangannya seperti ini, Insha Allah bisa membantu saudara kita di sana,” kata anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman saat hadir menjadi penceramah Tabligh Akbar yang digelar Muhammadiyah Asahan.

Baca juga: Muhammadiyah Minta Politisi Jauhi Konflik Agamis-Nasionalis di Pemilu 2024

Agus mengatakan aksi strategis kemanusiaan itu sebelumnya telah disampaikan melalui sikap resmi oleh pimpinan pusat Muhammadiyah di gedung Dakwah Jakarta pada Rabu (11/10) kemarin dan ternyata cepat direspon oleh seluruh warga persyarikatan termasuk di Asahan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

“Muhammadiyah punya relawan komplit. Yakni kesehatan, dapur umum, kemanusiaan, dan sosial. Emergency medical tim di Muhammadiyah ini menjadi NGO paling lengkap di Asia Tenggara,” kata dia.

Melalui emergency medical tim Muhammadiyah, kata Agus, sikap akselerasi kemanusiaan akan terus dilakukan. (Perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles