19 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Meriahkan Liburan Sekolah, Ada Safari Literasi Sumut 2023 di Toba Caldera Resort

Toba, MISTAR.ID

Untuk mendukung peningkatan literasi se-Sumatera Utara (Sumut), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Provinsi Sumut menggelar Safari Literasi Sumut 2023.

Pada saat yang sama, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerja sama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menyelenggarakan safari literasi di Toba Caldera Resort selama liburan sekolah.

Untuk mendukung kegiatan safari literasi ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemprov Sumut menyediakan dua mobil perpustakaan keliling di Toba Caldera Resort.

Baca juga : Pembangunan Labersa Kaldera Resort Rampung Juli 2024

“Kami juga melihat penampilan dari Cerita Baik Foundation yang memperkenalkan asal usul patung Sigale-gale dan penampilan dari Bunda Indry Storytelle,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut, Ely Hayati, Kamis (6/7/23).

Ely Hayati mengatakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut telah melakukan beberapa kegiatan, diantaranya Safari Literasi Sumut 2023.

“Kegiatan Safari Literasi 2023 di Sumut hanya mencakup tiga kabupaten yang dilaksanakan. Kabupaten Toba merupakan kabupaten ketiga setelah Kota Binjai dan Kabupaten Langkat,” kata Ely Hayati.

Baca juga : Ini Rangkaian Kegiatan Delegasi W20 di The Caldera Resort Toba

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut terkait edisi liburan sekolah. Beberapa acara akan berlangsung dari 24 Juni hingga 16 Juli 2023.

Selain atraksi Flying Fox, panahan, paintball, dan budaya, edisi liburan sekolah ini juga menampilkan pameran artefak budaya.

Sementara itu, Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan kegiatan ini dirancang khusus untuk mengisi musim liburan anak sekolah dan lebih mendidik bagi anak-anak yang berkunjung.

Baca juga : Dirut BPODT: Pesona Alam Danau Toba Tak Cukup Sekadar Dilihat

“Kami berharap acara liburan sekolah ini dapat memperkaya anak sekolah dari segi budaya, lingkungan dan literasi. Di sini anak-anak bisa menghabiskan liburan sambil belajar. Kami juga telah menyiapkan museum terbuka, permainan alfabet, cerita, dan perpustakaan keliling selain untuk bersenang-senang. Kegiatan ini kami laksanakan setiap tahun dengan dukungan semua pihak,” kata Jimmy.

Untuk mendukung kegiatan liburan sekolah, para seniman Batak disuguhi acara hiburan seperti penampilan Jun Munthe, Osen Hutasoit dan Punxgoaran.

Kegiatan Safari Literasi 2023 ini dihadiri para Pejabat BPODT, SD Negeri 1 Satu Atap Pardamean Sibisa, SD Negeri Motung, SD Negeri Desa Janji Maria Desa Parsaoran, SD Negeri Sigapiton dan SMP Negeri 2 satu atap Pardamean Sibisa, SMK Negeri 1 Laguboti, SMK Negeri 1 Berastagi. (diyus/rel/hm18)

Related Articles

Latest Articles