23.8 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Mentan Akan Resmikan Penanaman Perdana Kawasan Pertanian Terpadu Tele

Samosir, MISTAR.ID

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan mengunjungi Kabupaten Samosir, Selasa (28/2/28) untuk meresmikan penanaman perdana di Kawasan Pertanian Terpadu Kabupaten Samosir di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom pada saat Perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-19, Senin (27/2/23) di Halaman Kantor Bupati Samosir.

“Pemerintah Kabupaten Samosir telah berhasil menciptakan kawasan pertanian terpadu seluas 2.500 Ha yang berlokasi di Kawasan Tele, Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian dan akan diresmikan oleh Menteri Pertanian pada 28 Pebruari 2023,” ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Samosir Gelar FGD Penataan Kawasan Waterfront City Pangururan dan Tele

Vandiko Gultom mengatakan sebagai tahap pertama penanaman perdana kawasan terpadu di kawasan Tele akan ditanami tanaman cabai merah, kentang dan jenis tanaman sayuran di tanam di areal lahan seluas 65 Ha dan akan dikelola oleh 7 kelompok tani.

Lebih lanjut, Vandiko mengatakan Pemkab Samosir telah berhasil menyusun dokumen master plan rencana induk pertanian tahun 2024- 2028, dan selanjutnya akan ditetapkan melalui peraturan daerah dan berhasil meraih prestasi masuk nominasi pada penghargaan
pembangunan daerah tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemeterian PPN-Bappenas dengan program “Pangula Nature”.

“Kabupaten Samosir mendapat penghargaan peringkat kelima penyuluh pertanian lapangan (PPL) teladan tingkat Provinsi Sumatera Utara, atas nama Avelina sitepu,” sebutnya. (josner/hm09)

Related Articles

Latest Articles