20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Membangun Usaha Warung Pecel, Ketergantungan Berubah Menjadi Kemandirian

Deli Serdang, MISTAR.ID

Rubikem, seorang wanita tangguh dari Bulucina, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) memberi inspirasi melalui langkah berani membangun usaha warung pecelnya. Ia membuktikan bahwa kemandirian finansial bukan hanya tugas suami sebagai tulang punggung keluarga.

Dihadapkan pada tantangan finansial, terutama setelah suaminya sakit, Rubikem memilih untuk tidak pasrah pada keadaan. Melalui dukungan program Gugah Nurani Indonesia (GNI), Rubikem diperkenalkan kepada Koperasi BES sebagai mitra kerja sama.

Seiring berjalannya waktu, ia belajar manajemen keuangan melalui sosialisasi yang diadakan oleh GNI. Hal itu kemudian memberikan pondasi kuat untuk mengelola keuangan keluarganya.

Baca juga: Dinas Koperasi Sumut Dorong Transformasi Digital UMKM

Dengan bimbingan dari GNI, Rubikem mulai menabung di Koperasi BES dan mengajukan pinjaman modal usaha. Warung pecelnya yang strategis di bawah pohon jati di Desa Bulucina, Kecamatan Hamparan Perak, menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Dalam wawancara, Rubikem menyampaikan rasa syukurnya karena usahanya tidak hanya memberikan keuntungan finansial untuk keluarganya, tetapi juga membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Meskipun untuk makan sehari-hari, kami masih bisa mencukupi kebutuhan,” ujar Bu Rubikem dengan senyum di wajahnya.

Kisah Rubikem adalah bukti nyata, pentingnya peran aktif seorang istri dalam membangun kehidupan keluarga. Dengan keberanian dan ketekunan, ia membuktikan bahwa seorang istri dapat menjadi mitra yang berdaya dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Baca juga: Dinas Koperasi Sumut Dorong Daya Saing Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Melalui langkahnya yang berani, Rubikem tidak hanya mengubah ketergantungan menjadi kemandirian, tetapi juga memberikan inspirasi bagi wanita dan keluarga lainnya untuk mengambil langkah serupa.

Semoga kisah Rubikem menjadi motivasi untuk tidak bergantung pada keterbatasan dan memanfaatkan setiap kesempatan untuk meraih kemandirian finansial dan kesuksesan dalam dunia bisnis. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles