20.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Masyarakat Paluta Diajak Tidak BAB Sembarangan

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dr Alwi Mujahit Hasibuan mengingatkan masyarakat dan jajaran pemerintah di Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) untuk tidak buang air besar sembarangan (BABS).

Kampanye Stop BABS ini dilakukan melalui kegiatan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan, Rabu (20/9/23).

Tidak hanya itu, juga kampanye program stunting dan kasus TBC yang masih cukup tinggi di sana untuk segera sama-sama dapat dituntaskan.

Baca juga : Demo ke Kantor Bupati Paluta, Warga Huta Raja Minta Kades Mereka Dicopot

“Kebiasaan buang air besar sembarangan ini sudah sangat lama dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara, sehingga kebiasaan buruk ini menjadi sumber masalah kesehatan dan penyakit dalam masyarakat,” sebut Alwi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/9/23).

Untuk itu, Alwi berharap besar untuk tahun berikutnya akan ada Kabupaten/Kota lain di Provinsi Sumatera Utara yang akan deklarasi stop buang air besar sembarangan.

“Sehingga sesuai harapan kita bersama dengan semakin banyaknya Kabupaten/Kota melakukan deklarasi Stop BABS maka prevalensi angka stunting akan semakin turun sehingga generasi emas di tahun 2045 akan terwujud,” harap Alwi.

Related Articles

Latest Articles