20.9 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Manajemen PTPN 4 Kebun Pabatu Sosialisasi Kebersihan dan Keamanan ke Pedagang Kelapa

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pihak manajemen PTPN 4 Kebun Pabatu melalui Asisten Personalia Kebun (APK) Junaidi Abdila melakukan sosialisasi estetika kebersihan dan keamanan terhadap 10 orang dari 25 orang pedagang kelapa yang mengais rezeki di dalam HGU PTPN 4 Kebun Pabatu. Tepatnya di kawasan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Tebing Tinggi-Pematang Siantar pada Jumat (7/7/23).

Junaidi Abdila didampingi, Rizal dan Darman, yang langsung terjun kelapangan mengatakan. Memberikan sosialisasi keamanan dan kebersihan kepada para pedagang kelapa di dalam HGU PTPN 4 Kebun Pabatu adalah hal yang penting.

“Saya rasa perusahaan penting untuk menyampaikan sosialisasi keamanan dan kebersihan di wilayah jalan lintas kebun pabatu ini terhadap para pedagang kelapa,” ungkap Junaidi Abdila, saat diwawancarai Mistar.id di lokasi.

Baca juga: PKS PTPN 4 Pasir Mandoge Komit Tingkatkan Kinerja Produksi CPO dan Inti Sawit

Menurut Junaidi sosialisasi kali ini untuk menunjang pemeliharaan di Kebun Pabatu.

“Karena PTPN inikan komoditinya adalah sawit dan produksinya kan harus kita tingkatkan dengan cara melakukan pemeliharaan yang baik. Disamping pemeliharaan, dibutuhkan juga keamanan yang kondusif dari pencurian. Saya melihat beberapa kejadian di pinggir jalan lintas ini sering terjadi pencurian brondolan dan TBS. Karena akses kita terlalu enak keluar masuk. Kemudian saya melihat kebersihan merupakan salah satu faktor penunjang karena dengan kebun indah, asri dan rapi tentu membuat kita semangat bekerja. Namun saya melihat di wilayah jalan lintas pabatu ini masih banyak sampah-sampah berserakan khususnya jualan-jualan kelapa ini,” sebut Junaidi.

Atas pertimbangan dua faktor yakni keamanan dan kebersihan maka pihak manajemen membuat komitmen dan perencanaan.

Baca juga: CPO dari Truk Tangki Milik PTPN 4 Tumpah di Jalan Sisingamangaraja Tebing Tinggi

“Untuk itu pihak manajemen membuat komitmen dan merencanakan akan membuat parit isolasi dipinggir jalan lintas ini. Itupun kita lihat perkembangan dari pedagang-pedagang ini. Apakah mereka mau berkomitmen untuk menjaga kebersihan atau bagaimana. Ini kembali ke mereka juga apa komitmen mereka untuk menjaga keasrian kebun PTPN 4 ini,” ujarnya.

Junaidi juga menghimbau para pedagang kelapa untuk sama-sama menjaga keamanan dan kebersihan.

“Janganlah mereka mencari makan, tapi korbannya kita. Kita tidak akan menghalang-halangi usaha-usaha produk menengah maupun kecil untuk mencari makan. Nggak kita halangi kita tetap dukung UMKM cuma mari kita sama-sama menjaga,” tegas Junaidi.

Baca juga: Warga Dusun IV Desa Sidomulyo Mengeluh, Jalan Letter U Milik PTPN 4 Tak Kunjung Diperbaiki

Sementara itu menanggapi sosialisasi dari pihak Manajemen PTPN 4. Salah seorang pedagang kelapa mengatakan menerima sosialisasi dari pihak manajemen.

“Kami akan berubah dengan menjaga kebersihan jualan kami. Dan kami berharap mohon kepada bapak manajer atau pimpinan perusahaan janganlah kami digusur karena kami rakyat kecil pak,” ungkap ibu Baria (63) yang mengaku telah berdagang kelapa lebih kurang 15 Tahun. (Nazli/hm21).

Related Articles

Latest Articles