15.2 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Longsor, Akses Jalan Provinsi di  Sumbul Dairi Lumpuh Total

Sidikalang, MISTAR.ID

Kurang lebih sepanjang 20 meter, badan jalan provinsi tertimbun material tanah bercampur bebatuan longsor. Akses jalan penghubung antar desa dan antar kecamatan di Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi itu lumpuh total.

Informasi ini diperoleh mistar.id dari Camat Sumbul, Jaspin Sihombing yang sedang berada di lokasi. Ia menyebut, longsor terjadi Selasa (14/11/23) sekitar pukul 03.00 WIB.

“Akses jalan lumpuh total, koordinasi dengan pihak terkait , yaitu Dinas PUTR dan BPBD sedang berjalan upaya menghadirkan alat berat ke lokasi” kata Jaspin dengan menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang berusaha membersihkan jalan sembari menunggu alat berat tiba.

Baca juga: Badan Jalan Longsor dan Putus Total, Ribuan KK di Tiga Desa Kecamatan Tanah Pinem Dairi Terisolasi

“Ini kami sedang di lokasi. Sedang pembersihan manual, minimalnya agar pejalan kaki maupun kendaraan roda dua dapat melintas,” terang Jaspin.

Sekedar diketahui, intensitas hujan cukup tinggi di wilayah Kabupaten Dairi yang menyebabkan titik longsor banyak terjadi pada badan jalan.

Sementara Kepala BPBD Dairi, Hotmaida Dina Uli Butarbutar menyebutkan, intensitas hujan yang tinggi menimbulkan longsor di jumlah titik di Dairi. Data yang dikumpulkan, saat ini ada 19 titik longsor yang tersebar di 13 kecamatan.
Pihak BPBD Dairi meminta masyarakat untuk lebih waspada dengan bencana tanah longsor. Diperkirakan bisa bertambah di tengah tingginya frekuensi hujan.
“Masyarakat diminta lebih peka melihat lingkungan sekitar terlebih yang tinggal di lereng bukit/dekat lembah/dekat tebing. Juga supaya melakukan penebangan/pemangkasan pohon disekitar rumah yang berpotensi tumbang, serta  bersahabat dengan lingkungan dalam tata guna lahan,” ujarnya. (manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles