16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Lepas 217 Relawan Sumut Mengajar, Nawal Lubis: Picu Semangat Anak-Anak Giat Membaca

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 217 orang Relawan Sumut Mengajar kelompok ke 14 dilepas ke 3 daerah di Provinsi Sumatera Utara untuk menjadi motor penggerak peningkatan minat baca di sana.

Tiga Kabupaten/Kota yang dituju yakni, Batubara, Tapanuli Tengah (Tapteng)dan Tanjungbalai.

Pelepasan ini dilakukan oleh Ketua Tim Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut, Nawal Lubis, pada Senin (17/7/23).

Baca juga: Mau Daftar Relawan Gerakan Sumut Mengajar, Ini Hal yang Perlu Diketahui Mahasiswa  

“Saya harap minat baca masyarakat terus meningkat signifikan. Program Sumut mengajar diharapkan menjadi motor peningkatan minat baca di daerah,” katanya di Aula Tengku Rizal Nurdin (TRN), Jalan Sudirman No 41, Kota Medan.

Dijelaskan Nawal, dengan mendorong untuk membaca, maka masyarakat akan menerima informasi baru, meningkatkan kemampuan komunikasi dan lainnya. Ditambah perkembangan teknologi saat ini, harusnya mendorong kebiasaan membaca masyarakat.

“Sayangnya, yang terjadi saat ini malah sebaliknya, dunia digital menurunkan minat baca. Orang lebih memilih menonton video, padahal membaca fungsinya besar. Maka diharapkan relawan ini bisa memicu semangat anak-anak untuk giat membaca,” terangnya.

Baca juga: Buka Lomba Kitutur, Sekda Pakpak Bharat Sebut Membaca adalah Jendela Dunia

Selama bertugas, relawan juga akan menyelenggarakan Festival Anak Indonesia Sumut di Batubara, Tapteng dan Tanjungbalai.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas S Sitorus mengatakan, agar relawan bekerja secara tulus di ketiga daerah itu. Selain itu juga, dia berharap, relawan mau berbagi informasi dan inovatif saat berinteraksi dengan masyarakat.

“Daerah yang teman-teman datangi tentu karakternya berbeda, perlu inovatif dalam menghadapi masyarakat. Relawan juga diberikan tablet agar bisa lebih maksimal dalam pekerjaan saat berinteraksi dengan masyarakat,” pungkasnya. (anita/rel/hm16)

Related Articles

Latest Articles