14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Lantik Pj Bupati Batu Bara, 8 Arahan Presiden Disampaikan

Batu Bara, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin menyampaikan 8 arahan Presiden kepada Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul.

Delapan arahan tersebut disampaikan saat melantik dan mengambil sumpah jabatan Nizhamul sebagai Pj Bupati Batu Bara di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubernur, Kota Medan, pada Rabu (27/12/23).

“Saya selaku Pj Gubernur Sumut mengucapkan selamat kepada Nizhamul sebagai Pj Bupati Batu Bara sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ada 8 arahan yang disampaikan oleh Presiden yang akan saya sampaikan untuk Pj Bupati Batu Bara,” kata Hassanudin.

Baca juga:Ini Pesan Hassanudin kepada Pj Bupati Batu Bara

Pelantikan dan penyampaian arahan Presiden diperoleh wartawan melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Batu Bara.

Adapun arahan itu, yakni mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar, mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial pada masyarakat dan waspada terhadap dampak dari fenomena elnino.

Kemudian menyederhanakan prosedur dan tata kelola, khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. Serta antisipasi gejolak politik sekecil apapun yang dapat memicu terganggunya stabilitas ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Baca juga:Defisit Anggaran, Seperti Ini Tanggapan Pj Bupati Batu Bara

“Presiden juga memberikan arahan agar mendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan stunting dan hilirisasi industri. Kemudian memberantas peredaran dan penggunaan narkoba, serta memberikan sanksi yang tegas bagi pelanggarnya,” ujar Pj Gubernur.

Hassanudin yakin, Nizhamul mampu mengemban dan menjalankan tugas, serta tanggung jawab sebagai Pj Bupati berdasarkan pengalaman sebagai birokrat, baik di pemerintahan daerah maupun di pusat. Nizhamul adalah Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Untuk di Kabupaten Batu Bara, lanjut Hassanudin, pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2023 sebesar 72,56%, atau meningkat 1,13% bila dibanding tahun 2022. Dia berharap, agar tren positif ini terus ditingkatkan melalui program yang akan dilaksanakan.

Baca juga:Pengajuan Pj Bupati Diawali Surat Mendagri ke Gubsu dan DPRD Batu Bara 

Sementara itu, Nizhamul mengatakan, akan menjalankan program pemerintahan yang sudah baik. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan perangkat daerah untuk menjalankan program yang telah ada sebelumnya.

“Ke depan saya akan melanjutkan program yang sudah baik, menjalankan apa yang diarahkan oleh Presiden. Bekerja sama dan berkoordinasi pastinya dalam pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Batu Bara,” janjinya.

Related Articles

Latest Articles