13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Bertemu Masyarakat dan Pejabat Labuhanbatu Raya, ini Pesan Pj Gubsu

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin menghadiri silaturahim dengan para Camat, Lurah, Kepala Desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu Raya, terdiri dari Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel), dan Labuhanbatu Utara (Labura).

Acara yang digelar di Pendopo Serbaguna Rumah Dinas Bupati, Jalan WR Soepratman, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (21/2).

Pada kesempatan itu, Hassanudin menyampaikan tiga strategi pengembangan potensi ekonomi kerakyatan di wilayah tersebut. Potensi Labuhanbatu Raya yang melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) menjadi fokus utama pembahasan.

“Tiga strategi tersebut meliputi penguatan kewirausahaan produk unggulan lokal, seperti kerajinan lidi, kerang, pandan rumbia, dan produk olahan perikanan, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” ungkap Hassanudin.

Strategi kedua, mencakup penguatan sektor perikanan dan peternakan dengan optimalisasi peningkatan kuantitas dan kualitas. Sementara strategi ketiga, fokus pada pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata melalui promosi dan pembangunan infrastruktur yang mendukung.

Baca juga: Plt Bupati Ellya Rosa Sampaikan Situasi Politik Terkini di Labuhanbatu ke Pj Gubernur

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu mengakui, terdapat tantangan yang membutuhkan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan partisipasi aktif dari tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan. Salah satu isu yang perlu perhatian khusus adalah tingginya prevalensi stunting di Labuhanbatu Raya, yang mencapai 23,9 persen di Labuhanbatu dan 26,4 persen di Labusel.

Pj Gubernur Hassanudin juga memberikan apresiasi terhadap capaian pendapatan perkapita di tiga kabupaten tersebut, yang melampaui rata-rata Sumatera Utara. Pemkab Labusel bahkan mencatatkan pendapatan tertinggi.

Dalam interaksi dengan masyarakat, Pj Gubernur mendengarkan aspirasi terkait pembangunan jalan di wilayah pesisir, kenaikan harga beras, beasiswa pascasarjana, pendidikan di daerah perbatasan Sumut-Riau, hingga pembangunan rumah bagi nelayan di wilayah pesisir Labuhanbatu Raya.

Plt Bupati Labuhanbatu, Ellya Rosa Siregar, menyambut baik kunjungan Pj Gubernur Sumut dan mengungkapkan terima kasih atas dorongan untuk memanfaatkan potensi daerah demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Ellya Rosa Siregar juga menegaskan kondisi politik di Labuhanbatu tetap aman dan kondusif pasca-pemilihan.

Rapat dihadiri oleh Forkopimda Labuhanbatu Raya, OPD di lingkungan Pemprov Sumut, OPD Kabupaten Labuhanbatu Raya, Camat, Lurah, Kepala Desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Labuhanbatu Raya. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles