15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

KPU Humbahas Sosialisasi Penggunaan Sirekap Pemilu 2024

Humbahas, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan sosialisasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21 Kelurahan Pasar Doloksanggul, Kecamatan Doloksanggul, pada Selasa (30/1/24).

“Melalui sosialisasi itu, kiranya dapat memberikan pengetahuan pada para pemilih yang akan memberikan hak suaranya pada 14 Februari mendatang,” sebut Ketua KPU Kabupaten Humbahas, Sharina Meena Cibro.

Kesbangpol Pemkab Humbahas, Ferry Sitorus menyampaikan, para panitia penyelenggara yang terlibat dalam pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara dapat menguasai tugas dan fungsinya dengan baik. Juga memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) nya dengan baik.

Baca juga:Simulasi Pencoblosan di KPU Deli Serdang Gunakan Aplikasi Sirekap

“Sehingga teknis pelaksanaannya pada hari yang telah ditentukan dan ditetapkan dapat berjalan dengan baik serta efektif. Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Humbahas untuk bersama-sama menjaga kondisi yang baik dan sejuk di daerah ini,” pesannya.

Kapolres Humbahas diwakili Kabag Ops, Kompol Firman Imanuel Perangin-Angin juga menyampaikan pesan, untuk lokasi TPS agar tidak jauh dari gedung ataupun kantor Desa/Kecamatan.

“Bilamana nantinya cuaca buruk, kita lebih mudah bergeser untuk pencoblosan,” ucapnya.

Kordiv Hukum dan Pengawasan, Marusaha Lumbantoruan saat diwawancarai awak media menuturkan, Pemilu menjadi sebuah sirkulasi dan rotasi kepemimpinan yang rutin dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

Baca juga:Kenalkan Aplikasi SIREKAP, KPU Siantar Gelar Obrol Santai Bersama PPK

“Kita sudah banyak belajar pasca reformasi dengan sistem demokrasi yang terbuka. Telah ada kapasitas kita semua dalam pemahaman demokrasi. Dan menjadi tugas kita semua bukan hanya penyelenggara Pemilu. Namun yang terpenting adalah tugas-tugas politisi, terutama partai politik (parpol),” paparnya.

Dikatakan, persiapan simulasi bisa dibilang cukup sistematis dan lancar. Ini mulai dari rekrutmen penyelenggara Pemilu dan sosialisasi pada parpol hingga calon legislatif (caleg) di Kabupaten Humbahas berjalan dengan baik.

“Jangan sampai karena berbeda pilihan politik menimbulkan sengketa. Demokrasi yang berkualitas ditandai tingkat pemilih yang semakin tinggi,” tutupnya(sutrisno/hm16)

Related Articles

Latest Articles