23.9 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

KNPI: Jangan Buat Isu SARA Soal Penetapan Tiga Komisioner Bawaslu Tapteng

Tapteng, MISTAR.ID

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapanuli Tengah (Tapteng) meminta kepada sejumlah organisasi, baik kepemudaan maupun kemahasiswaan untuk tidak menciptakan konflik terkait suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) di Tapteng.

Hal itu disampaikan, Sekretaris DPD KNPI Tapteng, Raju Firmanda Hutagalung kepada wartawan menanggapi aksi damai yang dilaksanakan oleh Gerakan Lintas Pemuda Ormas Mahasiswa dan Masyarakat Tapteng di depan Gedung DPRD Tapteng, Selasa (22/8/23).

Dalam aksi disebutkan massa jika Bawaslu RI telah rasis terhadap agama tertentu dalam menetapkan tiga komisioner. Menurut Raju, hal ini jelas bertentangan dengan kebhinekaan yang dilontarkan oleh demonstran.

Baca juga: Anggota Bawaslu Kabupaten Kota se-Sumut Diminta Dapat Jaga Demokrasi Sebagai Penyelenggara Pemilu

“Kita ketahui bersama, tiga komisioner Bawaslu Tapteng yang dilantik beragama Kristen. Namun, itu tidak menggambarkan adanya rasis dalam proses seleksi tersebut. Sebab, ketiga komisioner tersebut mengikuti proses seleksi tanpa adanya pertimbangan suku, agama, ras, dan antar golongan,” ujarnya.

Selain itu, kata Raju, tidak ada aturan yang dikaitkan dengan agama tertentu untuk menetapkan ketiga Komisioner Bawaslu Tapteng.

“Sehingga sangat tidak relevan sekali mereka yang mengaku ormas dan mahasiswa membahas SARA. Itu namanya mereka menciptakan konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Related Articles

Latest Articles