9.6 C
New York
Monday, May 13, 2024

Kepala Sekolah SMAN 1 Portibi Diperiksa APIP

Paluta, MISTAR.ID

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Portibi, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Toni Simbolon diperiksa oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/8/23).

Pemeriksaan ini dibenarkan Toni Simbolon. Ia mengatakan, pemeriksaan dilakukan karena adanya dugaan korupsi anggaran dana bos.

“Iya, mereka dari Inspektorat. Inspektorat Sumatera Utara sedang melakukan pemeriksaan karena ada laporan dari masyarakat terkait dugaan korupsi anggaran dana bos SMA Negeri 1 Portibi,” kata Toni kepada awak media.

Baca juga: Pansus DPRD Simalungun: Inspektorat Temukan Kejanggalan Bimtek Pilpanag

Dijelaskannya, pemeriksaan telah dilakukan sejak Juli lalu. Dimana Toni dan bendaharanya telah dipanggil Inspektorat Sumatera Utara ke Kota Medan untuk masalah yang sama.

Sementara itu, saat ingin dikonfirmasi oleh wartawan, tim pemeriksa meminta menolak dan meminta untuk tidak didokumentasi oleh awak media. Alasannya, mereka hanya menjalankan tugas dari pimpinan Inspektorat Sumatera Utara.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Portibi dilaporkan oleh Forum Diskusi Mahasiswa Anti Korupsi Sumatera Utara (FD MAKSU) pada bulan Desember 2022 ke Kejatisu dengan laporan dugaan penyalahgunaan dana BOS, BOP, Pungutan SPP dan sejumlah kutipan lainnya di SMAN 1 Portibi dari tahun 2016-2021. Kutipan ini diduga berpotensi merugikan negara sebesar Rp 2 miliar. (Hotma/hm20)

Related Articles

Latest Articles