22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Keindahan Ulos Batak akan Dipamerkan di Bali

Medan, MISTAR.ID

Keindahan ulos batak akan dipamerkan di Bali melalui The Apurva Kempinski Bali yang mengampanyekan Unity in Diversity atau Bhinneka Tunggal Ika dengan merayakan kekayaan keragaman budaya, warisan, dan filosofi tujuh wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Mauku dan Papua.

Kampanye ini diawali dengan Pulau Sumatera yang merupakan pulau terbesar kedua dari Kepulauan Sunda Besar di Indonesia dan pulau terbesar keenam di dunia serta dikenal dengan nama lain Pulau Percha, Andalas, atau Suwanadwipa. Pada zaman kuno dikenal sebagai The Island of Gold, Sumatera adalah titik awal kedatangan perdagangan, agama, dan gagasan di Asia Tenggara.

Baca Juga:Pengrajin Rambu Ulos Batak Butuh Bantuan Modal Usaha

Dikatakan Danti Yuliandari, Director of Marketing and communication The Apurva Kempinski Bali, melihat dari keberagaman dari Sumatera, The Apurva Kempinski Bali melanjutkan campaign program Unity in Diversity di tahun 2022 dengan mengangkat tema ‘Sumatra: TheIsland of Gold’. Setelah sebelumnya mengangkat keindahan dari Nusa Tenggara, The Apurva Kempinski Bali kali ini mengangkat tema dari Sumatera.

“Dimana kegiatan ini bertujuan mendukung pemerintah dengan mendukung Danau Toba sebagai super destination dari lima super pariwisata di Indonesia. Memang kami akan lebih keras untuk mempromosikan ini sehingga kami memamerkan ulos batak dengan berkolaborasi dengan desainer ternama Indonesia seperti Torang Sitorus,” jelasnya melalui zoom conference, Senin (18/7/22).

Baca Juga:Ulos Batak Warnai Peringatan Hari Jadi Taput ke-76

Pengalaman ini, sambung Danti, akan dirasakan setiap tamu mulai dari penerima tamu dari The Apurva Kempinski Bali menyambut para tamu dengan salah satu pakaian tradisional Sumatera yaitu Baju Kurung.

Secara tradisional, Baju Kurung merupakan pakaian yang digunakan oleh masyarakat Batak Toba di Sumatera Utara. Selain itu, di sekitar lobi hotel yang megah, berbagai artefak Sumatera juga telah disiapkan oleh perancang busana asal Sumatera, Torang Sitorus untuk lebih meningkatkan unsur tradisional Sumatera di The Apurva Kempinski Bali.

“Torang Sitorus dikenal dengan karya-karyanya yang menggunakan kain ulos tradisional Sumatera. Torang Sitorus telah memberikan pengetahuannya yang luas tentang kain tradisional Sumatera selama bulan Februari dan Maret lalu. Selama periode tersebut juga terdapat pameran karya kain tradisional dan Brand Ambassador dari The Apurva Kempinski Bali, Lady in Red mengenakan ulos karya dari Torang selama di resor,” urainya.

Baca Juga:Cerita Kain Tradisionil Nusantara hingga Ulos Batak dalam Gernas BBI 2021

Rangkaian kerjasama ini nanti akan dilanjutkan dengan Exhibition dan Fashion Show dalam acara Magnificent Toba for The World a Masterpiece by Torang Sitorus.

Desainer Ternama Indonesia, Torang Sitorus menuturkan kain ulos sendiri bisa dipakai di berbagai moment bahkan kini telah mengikuti perkembangan fashion di seluruh dunia.  Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat-semangat di para penenun ulos di daerah untuk semangat lagi berkarir untuk menjadi jalan Toba menembus pasar dunia.

“Kolaborasi ini tentunya sangat terbuka dengan pasar global. Masyarakat Indonesia bisa mengoleksi tenun atau batik dari daerah lain. Kita bisa menjaga keberagaman ini. Yang menarik dalam kolaborasi ini adalah kita tidak merayakan ulos itu di tanah batak karena semua orang memiliki ulos tentunya. Tetapi kita merayakan ulos ini di Bali,” ujarnya.

Baca Juga:Harga Ulos Batak Kembali Naik, Ini Pemicunya

“Dimana wisatawan seluruh dunia bisa melihat Bali dan suksesnya  Bali sudah tidak diragukan maka, mereka bisa melihat ini (ulos) dan prosesnya dan adat yang masih berjalan di tanah batak. Bahwa banyak ibu-ibu menenun di sana. Sehingga orang-orang harus tahu kenapa ulos mahal dan limited (terbatas) sebab pembuatanya sangat kompleks, sehingga harganya juga tidak bisa dibandingkan dengan kain-kain lainnya,” pungkasnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles