18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Keempat Kalinya, Lembu Dimangsa Harimau

Medan, MISTAR.ID

Seekor lembu, ternak warga di Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Langkat kembali ditemukan mati dimangsa harimau, Jumat (8/1/21). Sejak Desember, ini merupakan kejadian keempat. Masyarakat sudah mulai resah dengan keberadaan harimau tersebut.

Camat Bahorok Dameka Putra Singarimbun yang dihubungi via telepon selulernya mengatakan, dirinya mendapatkan informasi adanya bangkai lembu yang dimangsa harimau pada Jumat pagi. Saat masih pagi buta, warga menemukan bangkai lembu itu sudah tergeletak di tanah. Terlihat ceceran darah yang keluar dari tubuh lembu di tanah. “Jaraknya sekitar 100 meter dari kejadian sebelumnya,” katanya.

Dari temuan itu, pihaknya langsung melaporkannya kepada pihak terkait, mulai dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL). Dijelaskannya, sebenarnya pihaknya sudah berulangkali mengimbau masyarakat agar mengandangkan ternaknya supaya tidak dimangsa harimau. Bahkan, pihak BBTNGL dan Dinas Kehutanan sudah bersedia membuat kandang. Namun, masyarakat belum ada yang memberikan lahannya untuk dijadikan kandang.

Baca Juga:Duh! Dua Ekor Sapi di Bahorok Mati Dimangsa Harimau

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Teguh Setiawan mengatakan pihaknya bersama BBTNGL dan mitra lainnya seperti WCS-IP dan Yayasan Hutan Untuk Anak (YHUA) masih berada di lokasi berkomunikasi dengan masyarakat dan mendinginkan suasana. “Karena masyarakat mulai resah dan minta dievakuasi. Langkah-langkah persiapan sudah disusun, salah satu kandang (kerangkeng) sudah diambil dari Besitang,” katanya.

Menurutnya, kemungkinan harimau akan direlokasi. Namun pihaknya tetap melihat situasi di lapangan. “Sepertinya memang mengarah mau direlokasi,” jelasnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah V Bahorok, BBTNGL, Palber Turnip mengatakan, kandang jebak tersebut, hari ini akan dipasang dan meletakkan kambing untuk memancing datangnya harimau. “Hari ini akan dipaksakan terpasang. Biar kita jadikan korban terakhir ini sebagai tumbal, kita tambahkan kambing untuk memancing dia datang,” jelasnya.

Baca Juga:Resahkan Warga, Harimau Berusia 1,5 Tahun di Solok Ditangkap BKSDA

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (6/1/21), dua ekor lembu mati akibat dimangsa harimau di Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Langkat. Lokasinya hanya sekitar 988 meter dari kawasan TNGL yang menjadi habitat harimau. Begitupun, penemuan bangkai ini hanya 800 meter dari kejadian pada 25 Desember 2020 lalu. Sebelumnya pada Jumat (18/12/20) lalu, satu ekor lembu juga sudah dimangsa harimau di Blok Hutan Sei Kelam wilayah Kerja Resort Bohorok, Langkat. (iskandar/hm12)

Related Articles

Latest Articles