18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Jelang Event Aquabike Jetski, Pemkab Toba Benahi Fasilitas Tenda Booth UMKM

Toba, MISTAR.ID

Dinas Koperindag, Kabupaten Toba membenahi fasilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyambut Event Aquabike Jetski di Kecamatan Balige. Pembenahan dilakukan setelah berkaca dari perlombaan event internasional Powerboat (F1H2O) yang diselenggarakan Februari 2023 lalu.

Salah satu yang akan dibenahi adalah fasilitas penerangan dan masalah ini sudah dikoordinasi kepada pihak PLN. Dengan demikian, pelayanan yang ada diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Toba dari sektor pariwisata.

Sebagaimana diketahui, event internasional ini akan digelar pada tanggal 22 – 26 November 2023. Aquabike itu akan dihadiri puluhan negara sebagai peserta perlombaan.

Baca juga: Amankan Event Aquabike Jetski World Championship Lake Toba, Polres Samosir Gelar Persiapan

Sejauh ini puluhan tenda booth telah didirikan di sekitar venue, Lapangan Sisingamangaraja Balige. Venue sudah dihuni oleh pelaku usaha kuliner, souvenir dari berbagai UMKM di Kabupaten Toba.

Camat Balige Partogi Tambunan menjelaskan, pendirian tenda booth yang disediakan tim Journey sebanyak 60 unit untuk pelaku usaha UMKM sudah didirikan di sekeliling venue dan tenda booth ini diberikan kepada pelaku usaha menyajikan dan memamerkan produk UMKM masing-masing.

Sambungnya, pelaku usaha harus diberikan kesempatan hingga malam hari agar pengunjung yang sudah lebih dahulu hadir di Kota Balige dapat terlayani untuk menikmati kuliner dan souvenir hasil UMKM sambil menikmati suasana Danau Toba.

Baca juga: Amankan Aquabike Jetski Toba 2023, Polda Sumut Siagakan Ratusan Anggota Polri

“Agar pelaku UMKM yang menempati tenda booth mendapat kenyamanan dan menjajakan produknya hingga malam hari, maka kita fasilitasi penerangan listrik dari PLN,  bersama Dinas Koperindag kita melakukan lobi ke PLN Balige untuk arus listrik dan kecamatan bersama kelurahan memberikan wayar kepada pedagang,” imbuh Partogi pada Jumat (17/11/23).

“Kemungkinan besar venue akan ramai pengunjung karena dijadikan sebagai tempat pusat penyaluran logistik ke Karo, Samosir dan Dairi yang akan menjadi tuan rumah. Untuk itu pelaku usaha kuliner dan souvenir dibutuhkan tamu yang hadir,” sebutnya memastikan.

Lanjut Partogi, kondisi kebersihan di Kabupaten Toba, khususnya Balige sebagai tempat digelarnya event internasional harus tetap dijaga, gerakan gotong royong sudah dilakukan melalui kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Balige dan hal tersebut mulai diikuti warga beberapa waktu terakhir sebelum Aquabike berlangsung.

Baca juga:Bupati Toba: Peran Media Penting Sukseskan Aquabike Jetski World Championship

“Gotong royong menjaga kebersihan tidak berhenti sampai disini akan berkesinambungan. Kita akan menjaga kebersihan Balige setiap waktu, sehingga mendapat respon positif dari wisatawan untuk pariwisata super prioritas. Terlebih tidak lama lagi akan digelar juga event internasional F1H2O bulan Februari tahun depan dan bukan tidak mungkin akan ada event besar lainnya, jadi kebersihan harus tetap dijaga,” pungkasnya optimis.

Sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Toba (Pemkab Toba) kepada UMKM, pihak Kecamatan Balige dan Dinas Koperindag akan mengajukan permohonan kepada Injourney untuk menghibahkan 60 tenda booth kepada pemkab agar setiap pagelaran event di kabupaten ini sewaktu – waktu dapat dipinjamkan kepada pelaku UMKM. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles