22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah Mulai Berpuasa Hari Ini

Medan, MISTAR.ID

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah mulai menjalankan ibadah puasa pertama Ramadhan 1444 H hari ini, Selasa (21/3/23). Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya salat Tarawih, Senin (20/3/23) malam.

Pelaksanaan salat ini usai mereka menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh hari Selasa, 21 Maret 2023. Keputusan tersebut berdasarkan hisab qamariyah di Bandar Tinggi, Simalungun, Sumatera Utara.

Ali, salah seorang jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah mengatakan, keputusan tarawih usai pihaknya melakukan sidang fatwa di Bandar Tinggi. “Dipimpin langsung oleh buya kita, maka diputuskan bahwasannya Ramadhan tahun ini bertepatan pada 21 Maret 2023,” ujarnya.

Baca Juga:Wabup Deli Serdang Lakukan Peletakan Batu Pertama Rumah Suluk Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah

Ali mengatakan, ada dua pusat lokasi pelaksanaan salat Tarawih bagi jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah. Pertama berlangsung di Masjid Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun. “Kedua, bagi jemaah asal Medan salat Tarawih digelar di rumah Suluk Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah, Jalan Kongsi, Gang Leman Harahap, Desa Marindal 1, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang,” ungkapnya.

Ali menegaskan, setiap tahunnya kerap ada perbedaan jadwal antara Jamaah Tareqat Naqsyabandiyah dan Pemerintah dalam pelaksanaan puasa maupun lebaran dan hari keagamaan Islam lainnya. Namun, menurutnya hal itu bukanlah kendala apalagi menjadi kesenjangan. “Kita minta perbedaan itu bukanlah sesuatu hal yang untuk dibesar-besarkan,” pungkasnya.(ial/hm15)

Related Articles

Latest Articles