29.5 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Jalan Penghubung 4 Desa di Dairi Rusak, Pelajar Sulit Sekolah

Dairi, MISTAR.ID

Warga yang tinggal Desa  Lau Mulgap, Lau Pakpak, Soban, Lau Kersik, Kecamatan Tigalingga mendesak Bupati Dairi  Eddy Kelleng Ate Berutu agar memperbaiki jalan rusak parah yang menghubungkan ke empat desa tersebut.

Menurut warga, jalan itu merupakan akses vital khususnya bagi anak-anak yang bersekolah di SMP Negeri 3 Lau Pakpak, Kecamatan Tigalingga.

Para Kades dan warga mengatakan, 5 bulan lagi anak mereka akan ujian semester dan penerimaan siswa/siswi SD melanjut ke SMP. Jika tidak diperbaiki, besar kemungkinan pelajar dari desa mereka terganggu.

Menurut mereka, SMP Negeri Lau Pakpak berjarak sekitar 1,5 Km ke pemukiman warga, namun karena menyulitkan pelajar, tidak sedikit orang tua memilih mendaftarkan anak mereka ke SMP yang berada di  pusat kota Kecamatan Tigalingga, Siempat Nempu dan Kecamatan Gunung Sitember. Padahal jaraknya 8 Km.

Baca juga: Proyek Rekonstrusi Jalan Rp1 M Rusak, Warga Dairi Kecewa

Warga yakin, perbaikan jalan turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka yang mayoritas petani. Jalan tersebut akan menjadi jalur mobilitas hasil bumi.

“Desakan itu juga menguatkan usulan masyarakat pada Musdes yang diteruskan ke  Musrembang juga sebelumnya sudah diajukan secara tertulis  ke Pemkab Dairi melalui Dinas PUTR selaku penanggung jawab pemeliharaan  ruas  jalan dimaksud,” ujar M Malau dan para Kades lainnya.

Terpisah, anggota DPRD Dairi, Residen Damanik sependapat dengan warga. Ia pun berjanji akan turut mendesak Pemkab Dairi pada pembukaan rapat sidang pertama 2024. Ia berharap apa yang diharapkan warga segera diakomodir dan direalisasikan Pemkab Dairi.

Terkait keluhan warga, Kepala Dinas PUTR Dairi, Masyaraya Berutu belum dapat dikonfirmasi. Teleponnya tidak aktif(manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles