20.8 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Jalan Menuju Wisata Bakara Rusak Parah

Humbahas | MISTAR.ID – Jalan menuju Wisata Bakara, Desa Siunongunong Julu, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Hummbanghasundutan, mengalami rusak parah. Hal ini disebabkan oleh derasnya hujan dan tingginya kendaraan yang bermuatan ton melintasi jalan tersebut. Selain jalan yang rusak, beberapa titik juga mengalami longsor.

Pengamatan Harian mistar, Kamis (5/12/19) salah satunya yang rawan di Desa Siunongunong Julu, tepatnya perbatasan antara dua desa yakni Desa Sironggos Kecamatan Dolok Sanggul dan Desa Siunongunong Julu Kecamatan Baktiraja.Kondisi jalan longsor ini sepanjang 5 meter bahu jalan ambruk dengan kedalaman mencapai 10 meter dan sangat rawan kecelakaan. Akibatnya, pembatas jalan yang terbuat dari besi
baja menggantung.

Dari lokasi, tampak dibuat garis polisi dan sejumlah kayu penopang tanah longsor untuk mencegah terjadinya kecelakaan.Kondisi ini semakin memprihatinkan mengingat Hari Natal dan Tahun Baru 2020 yang akan tiba. Para pemudik yang akan pulang kekampung halaman dan wisatawan yang akan menikmati panorama, akan mengalami kendala di jalan tersebut.

Salah seorang warga, Sudirno Lumbangaol, sangat prihatin dengan kondisi jalan ini, karena membahayakan bagi pengguna jalan, baik pemudik yang akan pulang dan wisatawan yang hendak berkunjung ke Bakara.
“Hingga saat ini belum ada perbaikan dari pemerintah,” ujar Sudirno, kecewa.

Bagi para pengumudi yang melintasi jalan ini disarankan untuk berhati-hati. Karena saat ini musim penghujan, diharapkan tiap pelintas yang datang dari arah Dolok Sanggul ke Baktiraja dan sebaliknya, tidak melintasi jalan ini dengan kecepatan tinggi karena kondisi jalan yang licin. Selain itu, kawasan itu terdapat tikungan tajam.

Jalan rusak parah: jalan menuju wisata Bakara, Desa Siunongunong Julu, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten  Humbanghasundutan, mengalami rusak parah.
Jalan rusak parah: jalan menuju wisata Bakara, Desa Siunongunong Julu, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten
Humbanghasundutan, mengalami rusak parah.

Sementara, Camat baktiraja, Astri L Manullang mengaku kondisi jalan di Desa Siunongunog Julu itu sudah lama rusak. Mereka sudah menyampaikan kondisi ini ke Kabupaten.

“Iya kita harapkan berhati-hatilah untuk melintasi jalan ke Bakara ini, agar tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Lokasi jalan ini merupakan lokasi wisata. Keindahaan alam di lokasi ini sangat memesona, dapat melihat permukiman ditengah-tengah pegunungan yang pisah. Selain itu juga dapat mengunjungi situs pemakaman Sisingamangaraja, air terjun dan situs-situs lainnya.

penulis : effendi
Editor : Rika

Related Articles

Latest Articles