16.5 C
New York
Friday, June 28, 2024

Jalan Ir Soekarno Diresmikan di Siborongborong

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, Rabu (20/5/20), melakukan ground breaking untuk mengawali pembangunan ruas jalan ringroad di Kecamatan Siborong-borong, sekaligus meresmikannya menjadi Jalan Ir Soekarno.

Jalan Ir Soekarno yang mencapai panjang 13,2 kilometer tersebut, berada di jalur Hopong (Simpang Katolik), Sitabotabo hingga Simpang Parhasioran Lobu Siregar dan melintasi wilayah 3 desa yakni, Desa Sitabotabo, Desa Sitabotabo Toruan dan Desa Lobu Siregar.

Sekitar 20 orang, mulai kepala desa, tokoh masyarakat dan pemilik tanah di lintasan jalur dari 3 desa, menyaksikan penandatanganan prasasti atas nama jalan Ir Soekarno oleh Bupati Taput Nikson Nababan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa jasa pahlawanya. Menjadi satu sejarah bagi warga Taput, nama seorang tokoh Proklamator RI, Founding Fathers kita, menjadi nama jalan ring road di wilayah Siborongborong,” kata Nikson Nababan.

“Terimakasih kepada rakyat pemilik tanah di jalur lintasan, yang telah memberikan yang terbaik untuk negara dan masyarakat,”tambahnya.

Nikson Nababan, yang didampingi Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Taput, juga mempresentasikan, pembangunan jalan lingkar strategis ini.

Nantinya jalan ini akan membuka kawasan ekonomi baru, mengurai kepadatan Kota Siborongborong dan menciptakan jalur bebas macet, serta menambah keindahan kota yang dijuluki kota ombus-ombus ini.

Tembus Jalur ke Bandara

Nikson Nababan mengatakan, merupakan pertaruhan harga dirinya selaku bupati dan selaku putra daerah Siborongborong, untuk melobi pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan jalan hotmix tersebut.

“Kalau tidak salah, baru ini jalan nasional di wilayah Sumut yang menggunakan nama jalan Ir Soekarno,” cetusnya.

Nikson Nababan juga bercita-cita, jalur ini akan bisa segera tembus ke Bandara Silangit.

“Masyarakat menerima dengan wellcome, dan jalur inipun akan kita perjuangkan agar pembangunannya dapat dilanjutkan, meneruskan tahap pertama pembangunan dua kilometer,”ucapnya menjawab Mistar.

Memory Soekarno

Bupati Taput menceritakan, Soekarno pernah mendarat di Silangit dan dibuang ke Parapat.

“Tidak ada salahnya kita abadikan menjadi salah satu jalan nasional di kabupaten Tapanuli Utara,” kata Nikson.

“Mudah-mudahan di lintasan jalan ini, akan lahir Soekarno muda yang bisa merubah dunia dan mengubah Indonesia lebih baik,” tambahnya.

Hotben Hutapea, Kepala PPK dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Sumut menjelaskan, pekerjaan jalan akan segera dimulai awal Mei 2020.

Dijelaskan, pekerjaan hotmix sepanjang 2 kilometer dengan lebar 7 meter dan dijadwalkan akan rampung Desember 2020, yang akan menelan dana sebesar Rp16 miliar.

Dijelaskan, panjang jalur sekitar 13,2 meter dan masih membutuhkan pembangunan lanjutan.

Tokoh masyarakat Desa Sitabotabo Sariaman Nababan, selain berterimakasih kepada bupati, juga mengajak warga yang berada di sekitar jalur mendukung kelancaran pembangunan jalan ini.(jan/hm01)

Related Articles

Latest Articles