17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Jadi Rujukan Utama Event AWC 2023, RSUP HAM Kirim Tim Dokter Spesialis

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan utama dalam hal penanganan medis selama event Internasional Aquabike World Championship (AWC) di kawasan Danau Toba Sumatera Utara, 22-26 November 2023.

Sebagai tindak lanjut, RSUP HAM sudah mengirimkan tim kesehatan yang akan bertugas selama pelaksanaan event di kawasan Danau Toba itu.

“Tim kita beranggotakan sebanyak 33 orang, terdiri atas dokter spesialis dan paramedis,” kata Ketua Tim Kesehatan RSUP HAM Dr dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB (K)Onk FICS, Kamis (23/11/23).

Tim ini, lanjut dr Kamal Basri, dibagi menjadi 3 bagian yaitu, ICU VVIP, Trauma Center dan Tim Helipad.

Baca Juga: Event Aquabike, Pertamina Siapkan 21.000 Liter Pertamax Turbo dan 8.000 Liter Avgas

Ketiga tim diisi atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, petugas farmasi, teknisi alat medis, dan staf pendukung.

Dokter ahli yang bertugas terdiri atas 5 (lima) spesialisasi, yaitu anastesi, bedah syaraf, bedah thoraks dan kardiovaskular, ortopedi dan penyakit dalam.

Selain petugas medis, rumah sakit Tipe A ini juga memberangkatkan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP, termasuk Presiden RI dan keluarga selama acara berlangsung.

Ambulans VVIP ini sendiri dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli serta dilengkapi dengan obat-obatan dan alat pendukung lainnya.

Baca Juga: Dinkes Medan Ingin Wujudkan Masyarakat yang Lebih Sehat dan Kuat

“Obat obatan dan alat medis sudah siap mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Selain itu, trauma center kita juga sudah standar sesuai persyaratan internasional untuk event ini,” kata dr Kamal yang juga Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP HAM.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI menunjuk langsung RSUP HAM sebagai rumah sakit rujukan utama pada even internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di wilayah Kabupaten Karo, Dairi, Samosir dan Toba pada 22-26 November 2023 tersebut. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles