14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Ini Capaian Kinerja BNNK Batu Bara Sepanjang 2023

Batu Bara, MISTAR.ID

Sepanjang tahun 2023, BNNK Batu Bara telah melaksanakan berbagai program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan mengungkap 12 kasus narkotika dengan tersangka sebanyak 19 orang.

“Dari 12 kasus dan 19 tersangka itu, kita mengamankan barang bukti sebanyak 163,62 gram narkotika jenis sabu dan sejumlah barang bukti non narkotika lainnya,” ujar Kepala BNNK Batu Bara, Pinondang Poltak Marganda saat press release akhir tahun, Kamis (21/12/23).

Terhadap kasus yang telah dinyatakan lengkap oleh Kejari Batu Bara, kata Pinondang, tersangka dan barang bukti telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Batu Bara untuk proses hukum selanjutnya.

Pindondang melanjutkan, dari seksi pemberantasan, BNNK Batu Bara bekerjasama dengan Polres Batu Bara, Kejari Batu Bara dan Balai Pemasyarakatan Labuhan Ruku dalam TAT (Tim Asesmen Terpadu) telah melaksanakan kegiatan asesmen terpadu dengan capaian sebanyak 189 orang.

“Di Tahun 2023 ini, melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) juga telah dibentuk Desa Bersinar (Bersih Narkoba). Desa Bersinar dicanangkan di Desa Binjai Baru, Desa Sumber Tani dan Desa Suka Ramai sebagai desa percontohan untuk program P4GN dengan melibatkan dukungan Pemerintah tingkat Desa sampai Kabupaten,” katanya.

Baca Juga : BNNK Tebing Tinggi rilis Target Capaian Kinerja Sepanjang 2023

Kemudian, disebutkan Pindondang, BNNK Batu Bara juga telah membentuk ‘Remaja Teman Sebaya’. Tujuannya menangkal penyalahgunaan Narkoba dikalangan remaja. Remaja Teman Sebaya yang dibentuk berjumlah 100 pelajar terpilih berasal dari 10 sekolah tingkat SMP & SMA Sederajat di wilayah Desa Bersinar.

BNNK Batu Bara juga telah melaksanakan tes urine narkoba kepada 250 pegawai pemerintah yang berasal dari sejumlah instansi vertikal dan OPD Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Hal yang sama juga dilakukan di instansi pendidikan sebanyak 150 siswa-siswi dari sejumlah SMA di wilayah Kabupaten Batu Bara.

Pindondang mengatakan, melalui kegiatan Seksi Rehabilitasi, BNNK Batu Bara selama tahun 2023 telah membentuk dan mengkoordinir 8 orang Agen Pemulihan (AP). AP dibentuk melalui program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di 2 Desa yakni Desa Binjai Baru dan Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar. Sedangkan jumlah klien sebanyak 10 pecandu pemula yang berhasil pulih. Selain itu, Seksi Rehabilitasi juga melaksanakan layanan rawat jalan di Klinik BNNK Batu Bara kepada 20 orang klien secara gratis.

Baca Juga : Kepala BNNK Deli Serdang Dijabat AKBP Endang Hermawan

Ditambahkan Pinondang, pihaknya telah melaksanakan rehabilitasi extraordinary kepada 8 orang yang terjaring razia. Selanjutnya telah melaksanakan pemeriksaan narkotika sebanyak 200 orang pemohon Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN).

“Pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah dan stakeholder terkait di Kabupaten Batu Bara serta rekan-rekan pers untuk ikut serta bersinergi menyukseskan program P4GN menuju Batu Bara Bersinar (Bersih Narkoba),” pungkasnya. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles