24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Ini 25 Desa Pariwisata yang Unggul dan Kreatif di Kabupaten Dairi

Dairi, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda Olahraga fasilitasi dengan cara sosialisasikan Desa Wisata di wilayah Kabupaten Dairi Sumatera Utara, Selasa (29/8/23).

Sosialisasi bertujuan menjadikan Desa sebagai destinasi wisata dengan cara menggali potensi yang ada, untuk memadukan daya tarik wisata desa.

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Olahraga membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk melakukan pembinaan dengan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat desa.

Baca juga : Memburu Wisata Kuliner di Dairi, ini 4 Tempat Paling Diminati Pengunjung

Melalui Pokdarwis melakukan penggalian potensi dan pengembangan sumber daya manusia seperti pelatihan wisata dan kreativitas sebagai unggulan jenis wisata masing-masing desa.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Olahraga, Rahmatsyah Munthe melalui fungsional adyatama kepariwisataan dan ekonomi kreatif, Wahyu S Akbar di ruang kerjanya, Selasa (29/8/23).

Fasilitas dengan modal sosialisasi dimaksud, kini sudah ada 25 desa wisata lengkap dengan produk unggulan kreatif jenis wisata.

Diantaranya ada empat desa di Kecamatan Silahisabungan dengan produk ekonomi kreatif tenun ulos, tanaman bawang, ikan air tawar, dan tempat bersejarah mahkamah tertinggi keluarga besar Raja Silahisabungan “Batu Sigadap” di Desa Silalahi I.

Related Articles

Latest Articles