11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Hujan Lebat akan Terjadi di Sejumlah Wilayah di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini tentang potensi hujan dengan intensitas lebat yang akan terjadi di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Rabu (10/11/21).

“Itu kita prediksi akan terjadi di wilayah pegunungan, lereng timur dan pantai barat Sumut,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto melalui Prakirawannya Utami Al Khairiyah.

Utami mengatakan, siang ini hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara (Taput), Mandailing Natal (Madina), Samosir, Toba, Simalungun, Pakpak Bharat, Dairi, Langkat dan Asahan. “Sore hingga malam hari berpotensi hujan lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Sementara dini hari nanti cenderung berawan,” katanya.

Baca Juga:BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Deras di Sumut

Utami menjelaskan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 23.0 – 33.0⁰C. Sementara kelembaban udara 65 – 99% dan angin yang bertiup dari Barat Daya ke Timur Laut berkekuatan 10 – 30 Km/Jam. Utami menyebutkan, hari ini pihaknya mendeteksi terdapat enam titik panas (hotspot) di Sumut. Empat titik panas terdeteksi di Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

“Sementara dua titik panas lainnya berada di Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel),” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles