15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Hujan Deras Rendam 36 Rumah Warga di Lima Puluh Batu Bara

Batu Bara, MISTAR.ID

Hujan sangat deras yang melanda Kabupaten Batu Bara sejak Selasa (5/12/23) malam menyebabkan air Sungai Titi Nibung meluap dan merendam 24 unit rumah warga di Dusun VI Desa Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh.

“Iya kita sudah cek dan beri bantuan sembako, 24 unit rumah warga terendam air. Bahkan potensi naiknya ketinggian air dimungkinkan melihat masih meluapnya air sungai,” ungkap Kepala Desa (Kades) Empat Negeri, Kamaluddin.

Adapun bantuan yang diberikan kepada kepala keluarga korban banjir berupa beras, mie instan dan telur.

Baca juga:Musim Hujan, Petani Manfaatkan Lahan Pertanian

Pria yang akrab disapa Ute Kamel ini meminta warga meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi naiknya ketinggian air.

Sementara itu, banjir juga menyerang 12 unit rumah warga di Dusun 1 Desa Kuala Gunung, Kecamatan Datuk Lima Puluh.

Pantauan wartawan, pada Rabu (6/12/23) saat ini ketinggian air masih terus naik. Bahkan sudah menggenangi perabot beberapa unit rumah yang terserang air.

Baca juga:Hujan Deras, Sejumlah Rumah Warga di Pematang Siantar Terendam Banjir

Terlihat juga Camat Datuk Lima Puluh, Wahidin Kamal, Kapolsek AKP Tukkar L Simamora bersama 3 orang Kanit Polsek, Babinsa Serka Muliadi, petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Batu Bara, Agus Purba didampingi Kades Empat Negeri terus melakukan pemantauan luapan air banjir.

Meski demikian hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi. Warga masih mencoba menaikkan perabotan milik mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Kapolsek mengatakan, pihaknya telah menugaskan personel untuk terus memantau perkembangan banjir.

Baca juga:Air Meluap, 3 Rumah Warga Petatal Batu Bara Terendam Banjir

Begitu juga Camat Datuk Lima Puluh telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinsos dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batu Bara untuk antisipasi kemungkinan terburuk.

Sementara Kades setempat telah mempersiapkan balai desa untuk menampung warga yang akan mengungsi bila ketinggian air terus naik. (ebson/hm16)

Related Articles

Latest Articles